menyusui

Perihal Memperlancar ASI Seperti yang Ditanyakan Istri Ahok

Annisa Karnesyia Selasa, 03 Sep 2019 14:30 WIB
Perihal Memperlancar ASI Seperti yang Ditanyakan Istri Ahok
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan istrinya Puput Nastiti Devi atau Puput sedang menanti kelahiran anak pertama mereka. Puput dikabarkan sedang menyiapkan segalanya termasuk persiapan menjadi ibu.

Dikutip dari detikcom, Puput saat ini tengah hamil empat bulan, Bun. Baru-baru ini dalam Instagram Stories-nya, Puput bertanya seputar air susu ibu (ASI).

"Memperlancar ASI harus gimana ya?" tulis Puput.


Puput memang tidak pernah terbuka perihal kehamilan pertamanya. Begitu juga sang suami yang selalu menghindari pertanyaan media.

Dalam sebuah acara beberapa waktu lalu bersama sang suami, Puput menolak menjawab pertanyaan media, termasuk soal usia kandungan dan jenis kelamin calon bayinya. Ia hanya minta didoakan saja, Bun.

"Pokoknya minta doain saja. Makasih," ujarnya.

Bicara soal anak pertama dan kelahiran pertama, memang banyak meninggalkan pertanyaan dan kekhawatiran untuk ibu baru. Salah satunya soal produksi ASI seperti yang ditanyakan Puput.

Kata dr.Ameetha Drupadi, CIMI, konselor laktasi dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan, sebenarnya ibu baru melahirkan enggak perlu khawatir dengan produksi ASI. Sebab, bayi memang belum banyak menyusu.

"Baru setetes ASI-nya keluar, itu normal. Jadi, ibu enggak perlu khawatir," ujar Ameetha.

Ahok dan PuputAhok dan Puput/ Foto: Ahok terima Roosseno Award (Instagram @basukibtp)
Salah satu cara memperlancar ASI yakni dengan menyusui langsung si kecil, Bun. Ameetha menyarankan untuk tidak takut dan tetap menyusui bayi karena isapan bayilah yang merangsang produksi ASI.



"Selain itu, ibu perlu happy agar hormon oksitosin meningkat dan proses keluarnya ASI lebih lancar," ujar Ameetha.

Cara lain merangsang produksi ASI yaitu dengan melakukan pijat oksitosin, Bun. Simak penjelasannya di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi