menyusui

Alasan Ibu Menyusui Tidak Dianjurkan Makan Es Krim

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 05 Sep 2019 17:33 WIB
Alasan Ibu Menyusui Tidak Dianjurkan Makan Es Krim
Jakarta - Banyak yang bilang kalau makan es krim saat menyusui bisa membuat bayi pilek dan sebagainya. Hmm, benar enggak sih, Bun?

Masa menyusui merupakan sebuah perjuangan panjang yang harus dilalui seorang ibu. Selain berjuang menghasilkan ASI yang banyak dan berkualitas, ibu menyusui juga dituntut memenuhi asupan bergizi demi tumbuh kembang buah hati secara maksimal.

Berbicara soal nutrisi, hal terpenting yang perlu diperhatikan ibu menyusui adalah memenuhi diet sehat dalam asupan hariannya. Nah, permasalahannya nih, Bun, seringkali banyak Bunda yang ingin banget mengonsumsi beberapa makanan yang biasanya dipantang ibu menyusui.


Salah satu makanan yang biasanya bikin kangen untuk dicoba adalah es krim. Menurut ahli gizi, Suman Agrawal, di masa menyusui sangatlah penting mengaktifkan kembali pola makan sehat. Sehingga, memenuhi nutrisi harian dengan diet sehat menjadi hal yang perlu dipenuhi.

Alasan Ibu Menyusui Tidak Dianjurkan Makan Es KrimAlasan ibu menyusui tidak boleh makan es krim/Foto: iStock

"Menyusui merupakan fase paling penting dalam kehidupan ibu dan anak karena memenuhi kebutuhan gizi dan pengasuhan yang memungkinkan ibu serta bayi terikat secara emosional dengan cara khusus yang tak tertandingi. Perawatan merupakan keterampilan yang dipelajari untuk ibu dan bayi yang membutuhkan waktu dan kesabaran," katanya, seperti dikutip dari laman Times of India.

Menangkis godaan saat menyusui memang susah-susah gampang dilalui ya, Bun. Seringkali, Bunda ingin juga menikmati secangkir kopi, menggigit burger dan lainnya.

Terkait hal itu, Agrawal mengatakan beberapa ibu menyusui dapat makan apa pun yang mereka suka. Tetapi, sebaiknya harus tetap berhati-hati dengan makanan dan minuman tertentu. Sebab, makanan tertentu dapat mengandung zat beracun yang bisa berbahaya bagi bayi.

Mengenai es krim sendiri, makanan ini memang sebaiknya dihindari karena proses undercooked pada proses pengolahannya. Kalaupun Bunda ingin makan es krim, ada baiknya membatasi pengonsumsiannya agar tidak berlebihan. Sehingga tidak memicu reaksi alergi pada bayi Bunda, seperti dikutip dari laman Live Strong.

Meski begitu, Bunda enggak perlu 'parno' membatasi asupan harian. Secara umum, ibu tidak perlu mengubah dietnya selama menyusui. Sebagian besar ibu menyusui aman mengonsumsi makanan dalam jumlah sedang, termasuk dalam asupan yang biasanya dihindari.

Tetapi, tentunya Bunda juga harus bijak memilih makanan selama menyusui dan jangan berlebihan mengonsumsinya. Serta pastikan selalu bahwa bayi Bunda tidak menunjukkan reaksi apa pun terhadap makanan yang Bunda makan. Selama itu terpenuhi, ibu menyusui dapat makan dengan secukupnya. sambil terus memenuhi variasi makanan sehat setiap harinya, demi tumbuh kembang si kecil.

Semoga membantu, Bun.

Simak juga yuk, cara menyusui yang tepat agar mendapatkan pelekatan yang benar!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi