menyusui

Jangan Paksa Anak Setop Menyusu, Ketahui Waktu Tepat Menyapih

Asri Ediyati Minggu, 22 Sep 2019 06:31 WIB
Jangan Paksa Anak Setop Menyusu, Ketahui Waktu Tepat Menyapih
Jakarta - Menyapih anak bisa dibilang tanda bagi anak sudah butuh nutrisi lebih di luar ASI. Seperti dikatakan oleh konselor laktasi, dr.Ameetha Drupadi, ICBLC, anak perlu disapih karena kebutuhan nutrisi di ASI tak lagi memenuhi. Kapan waktu yang tepat untuk mulai menyapih anak?

Kata Ameetha, Bunda bisa menyapih anak di usia dua tahun. Selain karena faktor nutrisi, ada perubahan psikologis pada anak. Di usia dua tahun, anak akan mengalami fase oral yang berubah menjadi anal.


"Makanya ada anjuran menyusui anak sampai dua tahun karena anak sudah butuh nutrisi lebih banyak lagi," ujar Ameetha kepada HaiBunda.


Namun, sebelum anak usia dua tahun, ada juga yang sudah menunjukkan tanda kalau ia siap disapih. Jadi Bunda harus peka juga terhadap respons anak. Intinya, menyapih tak boleh dilakukan dengan paksaan.

"Jangan memaksa anak atau membohongi anak saat menyapih karena bisa jadi trauma bagi anak," kata Ameetha yang berpraktik di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Sementara itu, konselor laktasi berbasis di Washington DC, AS, Rachel Radcliffe, MS, OTR/L, IBCLC, menyarankan untuk menyapih anak secara bertahap. Bunda bisa melakukannya dengan cara menghapus satu sesi menyusui atau pumping tiap beberapa hari.

Selain mengurangi makan setiap tiga hari atau lebih, Bunda juga dapat mengurangi durasi beberapa menit setiap kali menyusui.

"Setiap ibu berbeda dalam responsnya terhadap frekuensi menyusu yang menurun. Tetapi menyapih dari menyusui dengan cara yang terukur dan mantap dapat membantu menghindari payudara yang membengkak dan mengurangi risiko saluran tersumbat atau mastitis," kata konselor laktasi yang berpraktik di Children's National Health System, dikutip dari The Bump.

Mengurangi secara bertahap akan lebih mudah dilewati si kecil. Saat menyapih, alihkan perhatian anak. Beri dia makanan lain saat waktu menyusui sehingga dia kenyang.

Bagi yang masih menyusui, simak menu sarapan sehat untuk Bunda melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi