menyusui

Tips Mengonsumsi Cuka Apel yang Aman untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 29 Oct 2019 18:15 WIB
Tips Mengonsumsi Cuka Apel yang Aman untuk Ibu Menyusui
Jakarta - Dikenal berkhasiat, banyak orang menjadikan cuka apel sebagai minuman untuk menjaga vitalitas tubuhnya. Tidak saja bermanfaat bagi sistem pencernaan, cuka apel juga meningkatkan kesehatan jantung.

Pada umumnya, minuman ini aman-aman saja untuk dikonsumsi dalam frekuensi sering. Tetapi bagaimana jika ibu menyusui mengonsumsi cuka apel ini, Bun?

Melansir Parenting First Cry, ibu hamil dan menyusui dapat mengonsumsi cuka apel dengan menambahkannya ke dalam makanan. Tetapi, perlu diingat bahwa Bunda hanya disarankan untuk mengonsumsi cuka apel organik yang dipasteurisasi saat menyusui.


Selain itu, Bunda juga perlu berhati-hati terhadap bahan tambahan dalam pembuatan cuka apel yang tidak dipasteurisasi. Sebab dikhawatirkan bisa membawa bakteri berbahaya yang berisiko untuk bayi dan menyebabkan penyakit usus.

Meski demikian, Bunda tidak perlu khawatir mengonsumsi cuka apel asalkan mengikuti aturan yang memang dianjurkan. Apalagi, cuka apel memiliki deretan manfaat kesehatan yang baik khususnya untuk Bunda selama menyusui.

Tips Mengonsumsi Cuka Apel yang Aman untuk Ibu MenyusuiCuka apel untuk ibu menyusui/ Foto: thinkstock

Salah satu manfaat cuka apel yaitu, menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes tipe 2. Kemudian, cuka apel juga diketahui dapat meningkatkan pencernaan, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, membantu penurunan berat badan, serta mengobati ketidaknyamanan perut.

Sayangnya, sebagian orang ragu mengonsumsi cuka apel karena alasan rasanya yang kurang bersahabat di mulut. Tetapi ibu menyusui tidak perlu khawatir karena saat mengonsumsinya, ibu menyusui dapat mencampurkan cuka apel dengan air. Sebab, minum cuka apel secara langsung dapat merusak kerongkongan.

"Untuk mengawalinya, saya mencampurkan segelas air dengan satu sendok teh cuka apel," ujar Rebecca Park, seorang perawat di New York City dilansir Remedies For Me.

Rebecca menambahkan, jika rasa dari cuka apel begitu mengganggu dan Bunda tidak menyukai rasanya, jangan dulu khawatir. Karena, Bunda dapat menjadikan cuka apel ini sebagai bahan tambahan dalam resep, Bun. Misalnya, sebagai campuran dalam salad, cake, sushi, dan makanan lainnya.

Selamat mencoba, Bun!

Coba juga yuk menu sarapan enak untuk ibu menyusui di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi