menyusui

Ternyata, Lemon Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas ASI

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 31 Oct 2019 09:01 WIB
Ternyata, Lemon Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas ASI
Jakarta - Lemon banyak dimanfaatkan untuk membantu membakar lemak bagi sebagian wanita. Tetapi tahu enggak sih, Bun, ternyata lemon juga sangat efektif lho untuk meningkatkan energi ibu selama menyusui.

Menariknya lagi, kandungan lemon dipercaya dapat meningkatkan kualitas ASI yang Bunda hasilkan.

"Penting bagi ibu menyusui untuk menjaga diri dengan makan makanan bergizi, tetap terhidrasi, dan beristirahat cukup jika memungkinkan sehingga mereka lebih memiliki banyak energi serta tetap sehat,"ujar Michelle Ross, RD, LD, ALC, seorang konsultan laktasi dan pakar diet di Nationwide Children Hospital, seperti dikutip dari laman Womans Day.


Sebagai salah satu asupan yang membantu meningkatkan energi ibu menyusui diantaranya lemon. Buah ini diketahui mengandung banyak nutrisi seperti riboflavin, vitamin C, kalsium, vitamin B, fosfor, protein, dan lainnya. Sehingga, sangat pas menjadikan lemon sebagai konsumsi harian untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Ternyata, Lemon Bisa Bantu Tingkatkan Kualitas ASILemon tingkatkan kualitas ASI/ Foto: iStock

Mengenai takaran yang dianjurkan dalam mengonsumsi lemon, ada baiknya Bunda memang mengatur secara bijak. Bunda dapat memulai dengan mengonsumsi lemon sekitar 1 sendok makan jus lemon, yang dicampur dengan air.

Agar aman, Bunda juga perlu memperhatikan apakah terlihat tanda-tanda alergi pada bayi Bunda ketika mengonsumsi air lemon selama menyusui. Jika tidak, Bunda pun dapat terus melanjutkannya.

Perlu Bunda tahu, minum jus lemon atau air lemon selama menyusui dapat meningkatkan kesehatan, Bun. Salah satunya memastikan pasokan ASI berkualitas. Sebab, minum jus lemon membuat Bunda selalu terhidrasi dan menyegarkan tubuh. Sehingga, pasokan ASI pun dapat dihasilkan secara berkualitas, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Selain itu, minum air lemon juga baik untuk kesehatan pencernaan. Selain menjaga kesehatan perut Bunda juga dapat menjaga kesehatan perut si kecil. Sebab, air lemon dapat membantu mengatasi permasalahan seperti kram, usus tidak teratur, gas di perut, dan kembung.

Nah, setelah tahu manfaatnya, jadikan air lemon sebagai sahabat harian selama menyusui ya, Bun. Tetap semangat mengASIhi, Bun!

Ada resep olahan lemon yang bisa dicoba ibu menyusui, agar ASI makin bernutrisi nih, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi