parenting

6 Cara Membuat Anak Bayi Tidur Nyenyak, Ibu Baru Mesti Coba

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 30 Oct 2019 17:45 WIB
6 Cara Membuat Anak Bayi Tidur Nyenyak, Ibu Baru Mesti Coba
Jakarta - Setelah si kecil lahir, kehidupan Bunda pun berubah, termasuk rutinitas harian, terutama waktu tidur. Apalagi saat enggak ada yang membantu, mengurus bayi baru lahir sendirian bikin lelah ya, Bun. Rasanya bahagia banget kalau anak bisa tidur pulas. Kadang, Bunda pun bertanya apa ya cara membuat anak bayi tidur?

Sebelum mencari informasi soal cara membuat anak bayi tidur, Bunda perlu tahu dulu kebutuhan tidur bayi berapa jam sih idealnya dalam sehari. Ini jadi hal penting demi mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Dikutip dari sleep.org, memang enggak ada satu jawaban pasti seberapa lama bayi harus tidur. Sebab banyak faktor yang memengaruhi.

Misalnya, agar bayi baru lahir tidur nyenyak di malam hari, Bunda harus memperhatikan beberapa faktor. Contohnya, sudah kenyangkah bayi menyusu, tak ada masalah kah dengan kesehatannya, serta bagaimana lingkungan tidur si bayi termasuk suhu udara dan pencahayaan.


Untuk bayi baru lahir, dari usia 0 - 3 bulan, mereka terlihat tidur terus sepanjang 24 jam. Tapi, sejatinya bayi baru lahir butuh waktu 14 - 17 jam sehari untuk tidur. Apalagi, bayi baru lahir umumnya akan bangun setelah 2 - 4 jam tidur.

"Biasanya, bayi tidur di malam hari selama 12 jam. Tapi, lapar, diaper-nya penuh, atau badannya tak nyaman bisa jadi penyebab bayi tidur gelisah di malam hari," demikian disampaikan The National Sleep Foundation.

Kemudian, bayi bisa tidur siang 2 - 5 kali sehari. Nah, saat si kecil berumur 4 - 11 bulan, mereka butuh 12 - 15 jam total waktu tidur. Di usia ini, bayi sudah mulai membangun pola tidurnya dengan durasi lebih lama, misalnya 5 jam tidur berturut-turut. Jika bayi sudah bisa meregulasi waktu tidurnya, Bunda enggak perlu repot lagi mencari cara membuat bayi tertidur tanpa digendong.

Sebab, anak sudah bisa menentukan jam tidurnya sendiri. Di usia 6 bulan, biasanya bayi akan tidur di malam hari lebih lama. Sebab, di siang hari dia sudah banyak beraktivitas. Kemudian, bayi mulai merasakan separation anxiety yang bisa jadi salah satu penyebab bayi tidur gelisah di malam hari.

6 Cara Membuat Anak Bayi Tidur Nyenyak, Ibu Baru Mesti Coba6 Cara Membuat Anak Bayi Tidur Nyenyak, Ibu Baru Mesti Coba/ Foto: iStock
Dalam kondisi ini, bayi merasa khawatir ketika tidur berjauhan dengan orang tuanya. Bahkan, ketika dia di boks bayi dan orang tua di ranjang yang tak jauh jaraknya. Kabar baiknya, Bunda enggak perlu pusing mencari cara menidurkan bayi yang terbangun. Kenapa?

Di usia 6 bulan, bayi sudah punya kemampuan untuk menenangkan dirinya sendiri dan belajar kembali memejamkan mata sehingga ibu tak perlu melakukan cara membuat anak bayi tertidur. Namun, tetap saja Bunda mesti terus mengawasi si kecil ya.

Oh iya, penyebab bayi tidur gelisah di malam hari adalah ketika dia merasa enggak nyaman. Jadi, ketika bayi tak berhenti menangis, Bunda bisa mengecek apakah diaper-nya penuh atau ada sesuatu yang bikin si kecil enggak nyaman. Misal, dia lapar atau tubuhnya terasa sakit atau tak nyaman.

Bila si kecil cenderung susah tidur, Bunda bisa mencoba cara membuat anak bayi tidur seperti disampaikan dokter anak, Paul Young, MD. Ada 8 prinsip yang dibagikan Young untuk cara menidurkan bayi, yaitu:

1. Pakai strategi cahaya sebagai cara menidurkan bayi

Elizabeth Pantley, penulis The No-Cry Sleep Solution, mengatakan cahaya bisa menyalakan tombol supaya bayi selalu melek, Bun. Untuk itu, coba gunakan cara membuat anak bayi tidur dengan meredupkan cahaya lampu.

"Suasana gelap memancing otak untuk merilis melatonin, hormon yang bikin seseorang ngantuk. Jaga konsistensi di pagi hari bayi tetap mendapat cahaya dan di malam hari cahaya yang didapat agak redup/ Dengan begitu, dia sudah tahu kapan waktunya tidur. Sehingga, cara membuat bayi tertidur tanpa digendong bisa ibu lakukan," papar Pantley.

Pantley menyarankan, saat siang hari biarkan bayi terpapar sinar matahari. Saat siang hari, ajak bayi tidur siang di ruangan yang nyaman, termasuk di ruangan yang terang. Namun, kata Pantley bila bayi tak suka cahaya terang saat tidur, Bunda bisa menerapkan cahaya agak redup. Misalnya, buka gorden di kamar supaya suasana tetap terang tapi tidak berlebihan, sebagai cara menidurkan bayi.

6 Cara Membuat Anak Bayi Tidur Nyenyak, Ibu Baru Mesti Coba6 Cara Membuat Anak Bayi Tidur Nyenyak, Ibu Baru Mesti Coba/ Foto: iStock
Jika bayi mengalami penyebab bayi tidur gelisah di malam hari hingga dia bangun, Pantley bilang jangan langsung nyalakan lampu di kamar. Sebab, ini memberi sinyal pada bayi kalau itulah saatnya dia bangun tidur dan beraktivitas. Justru, Bunda disarankan untuk menenangkan bayi. Jika pencahayaan di rumah bikin bayi lebih cepat bangun saat pagi hari dan susah tidur saat siang hari, redupkan kembali pencahayaan di rumah ya.

2. Tidurkan bayi saat mulai mengantuk

"Misalnya agar bayi tidur nyenyak di siang hari, taruh dia di tempat tidur atau boks ketika dia sudah agak mengantuk. Baiknya, jangan letakkan bayi di tempat tidur saat dia sudah tidur, apalagi terlelap," ujar Young dilansir Baby Centre.

Misalnya skala tidur bayi 1 - 10, Young bilang ketika bayi sudah tertidur di skala 6, Bunda bisa letakkan dia di tempat tidur. Sehingga, cara membuat bayi tertidur tanpa digendong bisa Bunda terapkan.

3. Jangan langsung pergi

Cara menidurkan bayi kembali setelah dia terbangun adalah Bunda jangan langsung pergi dari ruangan. Sabarlah dengan berada di sisi bayi, atau minimal beri tanda bahwa Bunda ada di sisinya. Contoh, dengan menepuk punggungnya atau mengelus kepala bayi.

4. Usahakan tak kontak mata dengan bayi

Penyebab bayi tidur gelisah di malam hari salah satunya dia melakukan kontak mata dengan Bunda ketika dia terbangun. Kata Claire Lerner, senior parenting adviser di Zero to Three, sebenarnya bayi cukup mendapat isyarat dia aman dan ketika dirinya nyaman, bayi bakal tidur lagi kok, Bun.

6 Cara Membuat Anak Bayi Tidur Nyenyak, Ibu Baru Mesti Coba6 Cara Membuat Anak Bayi Tidur Nyenyak, Ibu Baru Mesti Coba/ Foto: iStock
"Makin banyak interaksi orang tua dengan anak selama malam hari, semakin bayi termotivasi untuk bangun, tidak kembali tidur," ujar Lerner. Sebaiknya, Bunda menenangkan anak dengan menyanyikan lagu pengantar tidur, mengusap punggungnya, bahkan membacakan doa agar bayi tidur nyenyak.

5. Ganti diaper dengan air hangat

Cara menidurkan bayi yang terbangun karena diaper-nya harus diganti, menurut Pantley, adalah gunakan tisu hangat untuk membasuh bokong anak. Jika diaper anak tak terlalu penuh, Bunda bisa menunda ganti diaper. Kecuali, jika bayi BAB sudah pasti diaper si kecil mesti diganti ya, Bun.

6. Susui bayi

"Salah satu penyebab bayi tidur gelisah di malam hari adalah dia lapar. Untuk itu, Bunda disarankan memberinya dream feed. Ini istilah untuk ibu menyusui bayinya di antara jam 10 malam sampai tengah malam. Cara membuat bayi tidur ini bisa dicoba karena dream feed dapat membuat bayi tidur lebih lama," papar Young.

Saat menyusui bayi, bila dia ada di boks, tetap redupkan lampu dan angkat dia pelan-pelan dari boksnya. Lalu, posisikan dengan tepat sehingga bayi bisa melakukan pelekatan dengan baik. Dalam kondisi setengah mengantuk, Bunda bisa memastikan mulut bayi berada di puting, kemudian susui. Setelah itu, taruh bayi pelan-pelan di boksnya. Ini bisa jadi cara menidurkan bayi setelah menyusu di malam hari yang efektif buat Bunda.

Cara membuat anak bayi tidur nyenyakCara membuat anak bayi tidur nyenyak/ Foto: iStock
Bunda juga ingin tahu cara membuat anak kembar? Baca di sini ya. 

Simak juga kiat Donita agar bayi cepat tidur di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi