sign up SIGN UP search

menyusui

Benarkah Bau dan Rasa ASI Mirip Air Ketuban? Simak Faktanya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 25 Jan 2023 13:10 WIB
Ilustrasi menyusui Benarkah Bau dan Rasa ASI Mirip Air Ketuban? Simak Faktanya/Foto: Getty Images/iStockphoto/maybefalse
Jakarta -

Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa ASI adalah nutrisi terbaik bayi bayi, masih banyak juga yang tidak mengetahui rasa ASI seperti apa. Ada yang mengatakan bau dan rasa ASI mirip air ketuban, benarkah?

ASI sedianya terasa manis dan lembut dan sangat mirip dengan susu sapi, Bunda. Namun, interpretasi ini bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang menganggap ASI sangat manis, hampir seperti madu atau air gula, sedangkan yang lainnya menganggap rasanya asin-manis.

Apa pun yang dirasakan, hal penting yang harus diperhatikan ialah bahwa ASI memang memiliki rasa yang khas. Rasa ASI bergantung pada komposisi nutrisinya dan sangat dipengaruhi oleh apa yang Bunda makan selama masa menyusui. 


Bau dan rasa ASI 

Bukti menunjukkan bahwa seorang ibu yang mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung makanan dari kelompok makanan berbeda membuat anaknya terpapar berbagai rasa sejak usia dini. Ini dapat memengaruhi pilihan makanan bayi di kemudian hari karena anak cenderung menerima makanan dengan rasa yang familiar.

Dan, tahukah Bunda bahwa ketika bayi lahir, mereka dapat mengenali aroma dan rasa ASI yang unik? Ini karena cairan ketuban (yang memberinya makan selama kehamilan) memiliki rasa yang mirip dengan ASI. Bahkan, rasa sakit bayi baru lahir dapat diredakan dengan terpapar aroma susu ibunya.

"Saat lahir, bayi dapat mengenali dan dihibur oleh bau dan rasa ASI yang unik. Ini karena air ketuban yang menyuburkan bayi saat hamil juga rasanya mirip dengan ASI," ujar Dokter DOan NGoc Quynh Tram dari Department of Pediatrics - Neonatology - Vinmec Nha Trang International General Hospital seperti dikutip dari laman Vinmec.

Para ilmuwan bahkan menemukan bahwa rasa sakit pada bayi baru lahir dapat diredakan saat terkena bau ASI. Bagi bayi, ASI itu manis, bergizi, dan unik. Rasa ASI akan bergantung pada tubuh, tidak seperti ibu lainnya dan akan bervariasi berdasarkan banyak faktor.

Hanya saja, makanan memang dapat mengubah rasa ASI yang Bunda produksi. Itulah salah satu alasan mengapa bayi yang disusui cenderung menikmati variasi makanan dan rasa yang lebih banyak jika dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula saat mereka mulai makan makanan padat. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang dampak busui mengurangi makanan pedas untuk bayi:

[Gambas:Video Haibunda]



BAU DAN RASA ASI MIRIP AIR KETUBAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!