sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Atasi Payudara Bengkak saat Mulai Menyapih Anak

Annisa Karnesyia Jumat, 20 Aug 2021 14:40 WIB
Ilustrasi payudara bengkak caption
Jakarta -

Payudara bengkak memang dapat menjadi kendala selama menyusui buah hati. Masalah itu ternyata bisa terjadi kembali ketika Bunda memutuskan berhenti menyusui atau menyapih anak lho.

Menurut organisasi menyusui, La Leche League, segera setelah Bunda berhenti menyusui, ASI tidak otomatis berhenti keluar ya. Payudara akan terus memproduksi ASI dalam jumlah kecil selama beberapa waktu.

"Beberapa ibu akan merasa payudaranya terasa penuh dan tidak nyaman selama beberapa hari atau lebih setelah berhenti menyusui," tulis La Leche League dalam laman resminya.


Dokter obgyn Dr. Nina Mansukhani mengatakan bahwa Bunda menyusui yang memproduksi lebih banyak ASI dan sering memerah bisa terus menghasilkan ASI bahkan ketika berhenti menyusui atau mulai menyapih. Hal itu bisa menyebabkan saluran ASI tersumbat dan bikin payudara sakit hingga bengkak.

"Saluran ASI yang tersumbat bisa menyebabkan mastitis dengan kondisi payudara meradang. Menyapih anak secara tiba-tiba juga dapat membuat payudara bengkak dan memicu rasa sakit," kata Mansukhani, dilansir Parenting Firstcry.

Pembengkakan di payudara mungkin dapat terjadi sebagai dampak berhenti menyusui secara mendadak. Untuk itu, Bunda sebaiknya konsultasikan ke konsultan laktasi bila memang harus berhenti menyusui karena alasan tertentu.

Meski telah berhenti menyusui, perawatan payudara tetap harus dilakukan ya Bunda. Pembengkakan yang dibiarkan terjadi bisa menimbulkan gejala lainnya yang tidak diinginkan.

"Nyeri di payudara dapat berlangsung selama beberapa hari atau berminggu-minggu. Kebanyakan wanita akan mengalami rasa nyeri yang parah di saat mulai menyapih dan hilang seiring waktu. Namun, bila rasa nyeri tidak berkurang setelah berhari-hari, sebaiknya cari bantuan ke dokter atau konsultan laktasi," ujar Mansukhani.

Payudara bengkak usai Bunda berhenti menyusui bisa diatasi sendiri di rumah kok. Bagaimana caranya? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 7 manfaat menyusui anak lebih dari dua tahun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS ATASI PAYUDARA BENGKAK BAGI BUNDA YANG SUDAH BERHENTI MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!