sign up SIGN UP search


menyusui

Ketahui Manfaat dan Efek Samping Makan Durian untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 16 Dec 2021 15:45 WIB
Ibu menyusui makan caption

Jakarta - Saat mencium aroma durian, hmm.. rasanya sulit ya Bunda menolak untuk tak menyantapnya. Namun apa daya karena buah durian masih dikategorikan buah yang harus dibatasi selama menyusui karena dikhawatirkan mengganggu proses menyusui.

Durian memang buah yang kaya manfaat selain lezat tiada tara ya, Bunda. Durian merupakan buah yang sangat tinggi energi dan kaya mineral seperti kalsium, zat besin, dan mangan yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI.

Durian merupakan buah yang penuh dengan lemak sehat serta kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Menurut Ms Bibi Chia, seorang ahli diet di Raffles Diabetes & Endocrine Centre, manfaat utama lemak tak jenuh tunggal terletak pada kemampuannya menurunkan kadar kolesterol jahat yang mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.


"Durian juga membantu meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur. Durian mengandung triptofan yang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh. Selama pencernaan, triptofan diubah menjadi seretonin yang dapat menyebabkan perasaan rileks dan meningkatkan suasana hati," kata Dr Stanley Liew, spesialis endokrinologi, seperti dikutip dari laman Raffleshealth.

Tak kalah penting, durian juga mendukung kekebalan tubuh, Bunda. Ini karena durian mengandung vitamin C, antioksidan yang melindungi dari radikal bebas berbahaya dan mendukung kekebalan terhadap infeksi dan serangan virus.

Banner Resep Masakan Rp20 ribuBanner Resep Masakan Rp20 ribu/ Foto: HaiBunda/Mia

Durian juga menjaga tekanan darah tetap terkendali dan kaya akan potasium yang penting dalam menjaga keseimbangan garam dan cairan dalam tubuh untuk mengatur tekanan darah.

Tekanan darah yang sehat dapat mengurangi tekanan pada jantung dan pembuluh darah sehingga meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Meski demikian nih, Bunda tetap harus waspada. Karena, durian memiliki sifat menghangatkan. Dengan makan terlalu banyak durian membuat Bunda berisiko mengalami gejala tidak nyaman seperti sakit tenggorokan, sariawan, sembelit, atau peningkatan dahak. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang menu sarapan oatmeal buah untuk ibu menyusui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



IBU MENYUSUI MAKAN DURIAN, BAIK ATAU BURUK YA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!