Sign Up search


menyusui

Ini Tata Cara Menyusui Sambil Berbaring

Yuni Ayu Amida Sabtu, 07 Mar 2020 13:20 WIB
Ini Tata Cara Menyusui Sambil Berbaring caption
Jakarta - Salah satu posisi menyusui yang bisa Bunda coba di rumah adalah posisi berbaring, Bun. Jika ingin mencobanya, tentu Bunda mesti tahu tata caranya.

Melansir dari Times of India, menyusui sambil berbaring boleh saja dilakukan, apalagi bagi ibu yang baru saja operasi caesar dan tidak mungkin duduk tegak, akan mendapat manfaat dari posisi ini. Tapi, pastikan Bunda mesti hati-hati saat mencoba posisi ini, karena kadang bisa berakibat fatal pada bayi jika tidak tepat dalam memposisikannya.


Karena ada kemungkinan bahwa ASI dapat diserap ke dalam paru-paru. Kedua, itu juga dapat meningkatkan risiko infeksi telinga pada bayi, jika ASI tumpah dari mulut dan mencapai telinga. Meski begitu, posisi ini sebenarnya aman, apalagi jika Bunda memang sudah terbiasa dan sering berlatih.


Berikut ini cara menyusui sambil berbaring dari ahli laktasi, Taya Griffin, dikutip dari Today's Parent.

1. Pastikan di atas tempat tidur tidak ada selimut tebal, sprei yang membelit, ataupun benda lainnya di dekat bayi yang bisa membahayakannya.

2. Letakkan bayi di tempat tidur dalam posisi terlentang.

3. Berbaringlah miring di samping bayi.

4. Tempatkan bantal di belakang punggung Bunda, tujuannya agar Bunda bisa sedikit bersandar.

"Ini akan sedikit mengangkat puting dan payudara Anda dari tempat tidur sehingga bagian aerola bisa masuk lebih banyak ke mulut bayi," jelas Griffin.

"Ini, tentu saja, akan tergantung pada ukuran payudara. Jika payudara lebih kecil, Anda mungkin tidak perlu membungkuk. Jika payudara lebih besar, Anda mungkin harus sedikit lebih condong ke belakang," sambungnya.

Ini Tata Cara Menyusui Sambil BerbaringIni Tata Cara Menyusui Sambil Berbaring/ Foto: iStock


5. Periksa posisi kaki Bunda. Griffin menyarankan sebaiknya kaki Bunda lurus dan sejajar dengan pinggul, daripada meringkukkan tubuh di sekitar bayi.

6. Bunda bisa meletakkan bantal atau guling di antara lutut, untuk menetralkan tulang belakang dan membuat lebih nyaman.

7. Setelah semuanya siap, letakkan bayi di sisi Bunda, sehingga nantinya posisi Bunda dan bayi saling menghadap perut ke perut.

8. Hadapkan bayi ke payudara bawah dalam-dalam, dengan tangan atas Bunda di belakang tulang belikat Bayi, dan tarik bayi ke dalam payudara ketika mulut mereka terbuka.

"Beberapa ibu mungkin harus bersandar pada siku mereka dan menopang payudara selama bayi menyusu," kata Griffin.

9. Gulung selimut atau siapkan guling kecil untuk diletakkan di samping tulang belakang bayi. Ini akan membantu menjaga bayi menopang dan membiarkan mereka menempel ke payudara tanpa perlu bantuan tangan kita. Ini juga membebaskan tangan kita untuk melakukan kompresi payudara, yang dapat mempercepat proses menyusui karena aliran ASI yang meningkat.

10. Bunda mungkin perlu beralih sisi. Namun, beberapa ibu bisa membungkuk ke arah bayi mereka untuk menawarkan payudara bagian atas, yang artinya tidak perlu beralih sisi.


Simak juga senam lidah untuk bayi tongue tie dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi