sign up SIGN UP search


menyusui

Payudara Kendur Usai Menyusui, Berikut 7 Makanan untuk Mengencangkan

Annisa Afani Rabu, 08 Jul 2020 18:45 WIB
Young mother, breastfeeding on sunset on quiet evening her little baby boy in sunny living room caption
Jakarta -

Payudara akan mengalami sejumlah perubahan sepanjang tahun. Mungkin Bunda akan melihat payudara menjadi lebih kencang atau penuh pada waktu-waktu tertentu, kemudian sedikit mengempis di waktu lainnya.

Seiring bertambahnya usia, payudara akan mulai mengendur karena pengaruh gravitasi, perubahan hormon, kehamilan dan menyusui. Biasanya, setelah hamil dan menyusui, payudara menjadi kendur dan turun.

Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah payudara mengendur dan membantunya supaya kencang, dikutip dari Inlife dan The Star:


1. Jeruk

Jeruk kaya akan antioksidan beta-karoten yang melindungi sel-sel payudara dari kerusakan lho, Bunda. Buah ini juga kaya akan kalsium dan vitamin B6 yang mendukung perkembangan payudara.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung kaya akan fitoestrogen yang dikenal dapat meningkatkan jaringan payudara.

3. Delima

Delima memiliki kandungan antioksidan tinggi yang membantu meregenerasi sel dan melindungi dari penuaan dini. Delima juga mengurangi risiko kanker payudara dan membantu mengencangkan payudara.

delimaDelima/ Foto: Istimewa

4. Kedelai

Kedelai dikenal dengan kandungannya yang kaya akan isoflavon. Mengonsumsi produk yang terbuat dari kedelai mampu memberi jaringan payudara lebih besar. Selain itu, mereka juga memiliki beberapa nutrisi seperti estrogen yang mendorong perkembangan payudara.

5. Stroberi

Buah jenis berry ini kaya akan fitoestrogen dan asam ellagic. Manfaatnya dapat membuat kulit payudara bersih, halus dan kencang.

6. Seafood

Seafood atau makanan laut tertentu dikenal luas bisa membantu meningkatkan hormon seks dan pertumbuhan jaringan payudara. Mangan merupakan komponen dalam makanan laut, seperti udang, tiram, dan kerang yang bisa membantu mempercepat estrogen dan mengembangkan lebih banyak jaringan payudara.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti mete, kacang kenari, kacang almond, kacang tanah baik untuk pertumbuhan dan mengencangkan payudara. Itu karena kacang mengandung protein dan lemak yang baik bagi tubuh.

Simak juga penjelasan mengenai kanker payudara akibat penggunaan deodoran dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi