sign up SIGN UP search


menyusui

4 Smoothies untuk ASI Booster, Segar dan Nikmat

Siti Hafadzoh Sabtu, 29 Aug 2020 13:13 WIB
Banana smoothie with oats in a vintage glass jar on a rustic wooden table. caption
Jakarta -

Bunda mengalami kesulitan menyusui karena ASI tidak lancar? Ini bisa diatasi dengan ASI booster yang alami lho.

Ada berbagai bahan makanan yang dapat dijadikan sebagai ASI booster, Bunda. Mulai dari buah-buahan, sayur, hingga biji-bijian.

Dengan mengonsumsi makanan sehat ini, produksi ASI bisa semakin lancar. Jadi, Bunda tidak perlu mengonsumsi ASI booster berupa suplemen.


Dilansir Firstcry Parenting, ini 4 smoothies untuk ASI booster yang segar dan nikmat:

1. Pisang dan oatmeal

Mengutip What to Expect, oatmeal merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan ASI booster lho. Oatmeal tergolong dalam biji-bijian utuh yang mengandung zat besi.

Sedangkan, pisang merupakan buah yang kaya akan kalium untuk menjaga keseimbangan cairan. Jadi, pisang sangat disarankan untuk Bunda yang sedang menyusui.

Makanya, kombinasi smoothies dengan oatmeal adalah minuman yang tepat untuk ibu menyusui. Tambahkan juga susu almond dan sirup maple supaya rasanya manis dan gurih, Bunda.

2. Dark chocolate, peanut butter, dan pisang

Kalau Bunda suka rasa cokelat, smoothies yang satu ini menjadi pilihan yang tepat. Kombinasi buah pisang, kacang, dan cokelat dapat menjadi ASI booster yang nikmat lho.

Campuran susu almond dalam smoothies ini juga bisa membantu memperbanyak ASI lho. Omega-3 yang terkandung dalam susu almond membantu meningkatkan hormon dan menghasilkan lebih banyak ASI.

Banana smoothie with oats in a vintage glass jar on a rustic wooden table.Smoothie untuk ASI booster/ Foto: iStock

3. Stroberi, basil, dan jeruk

Stroberi merupakan sumber vitamin C yang baik. Mengonsumsi stroberi bisa membantu Bunda mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Buah yang satu ini juga kaya akan air. Sehingga, sangat baik untuk asupan cairan Bunda ketika menyusui.

Campuran daun basil dalam smoothies ini bisa membantu ASI semakin lancar lho. Dilansir Romper, daun basil merupakan sumber antioksidan dan memiliki efek menenangkan.

4. Blueberry dan susu

Campuran blueberry beku dengan susu ini merupakan smoothies yang segar dan nikmat. Apalagi, kedua bahan smoothies ini merupakan sumber makanan yang baik untuk ibu menyusui.

Blueberry dipercaya dapat membantu Bunda memperlancar ASI lho. Blueberry mengandung antioksidan yang paling tinggi dibandingkan buah lainnya.

Nah, kalau susu sapi mengandung kalium dan EFA yang bisa meningkatkan jumlah produksi ASI. Jadi, smoothies ini sangat cocok untuk Bunda jadikan sebagai ASI booster ya.

Simak cerita perjuangan Winda 'Idol' yang menyusui ketika mengidap darah tinggi di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi