sign up SIGN UP search


menyusui

8 Tips Mengatasi Saluran ASI Tersumbat, Pompa hingga Pijat

Asri Ediyati Kamis, 24 Sep 2020 14:44 WIB
Mother breastfeeding her newborn baby girl. Baby happy while drinking milk from mother's breast. Vintage color tone. caption
Jakarta -

Setelah melewati berbagai hal baru selama kehamilan, seorang ibu kini dihadapkan tantangan lainnya saat menyusui. Nah, salah satu tantangan saat menyusui adalah mengatasi saluran ASI tersumbat.

Kenapa saluran ASI bisa tersumbat? Menurut konsultan laktasi Andrea Tran RN, MA, IBCLC, saluran ASI tersumbat terjadi saat ASI kembali naik. Inilah yang menciptakan benjolan di payudara. Kulit payudara mungkin berubah menjadi warna merah dan mungkin ada pembengkakan.

"Wanita dengan suplai ASI yang berlebihan lebih rentan saluran ASI-nya tersumbat. Alasannya adalah karena payudara tidak dikosongkan dengan baik dan membuat saluran lebih rentan untuk tersumbat," kata Tran, dikutip dari laman resminya Breastfeeding Confidential.


Penyebab lainnya adalah pemakaian bra yang tidak sesuai, dan anak tidak melakukan perlekatan dengan baik. Apabila Bunda mengalaminya, coba jangan panik dahulu.

Ada beberapa tips untuk mengatasi saluran ASI tersumbat, berikut tips dan pemaparannya:

1. Teruslah menyusui

Menyusui tidak hanya mencegah saluran ASI tersumbat. Menyusui juga cara terbaik untuk menghilangkan penyumbatan. Triknya, coba sodorkan bayi dengan payudara yang mengalami penyumbatan terlebih dahulu.

Lalu, pastikan bayi mengosongkan payudara secara menyeluruh setiap kali menyusui. Namun, jangan dipaksa ya jika memang sudah terlalu sakit.

2. Temukan posisi menyusui yang tepat

Lakukan trial dan error posisi menyusui. Dilansir What to Expect, coba posisi menyusui yang melibatkan gravitasi, seperti posisi menyusui sambil berdiri atau duduk tegak untuk membantu mengeluarkan lebih banyak ASI dari payudara.

Alternatif lain, cobalah untuk menggendong bayi sehingga dagu dan hidungnya mengarah ke sumbatan, jadi hisapannya diarahkan langsung ke saluran yang terkena dan dagu juga dapat membantu memijat area tersebut.

3. Ganti posisi selama menyusui

Ganti posisi, misalnya dari football hold ke cross cradle selama menyusui si kecil. Hal ini bertujuan agar semua saluran ASI terstimulasi secara merata.

4. Pompa ASI

Saat Bunda membutuhkannya, maka pompalah ASI. Jadi, jika bayi belum mengosongkan payudara sepenuhnya, maka segera kosongkan dengan memompa ASI. Namun, perlu Bunda ingat, untuk mengosongkan payudara jangan terlalu lama, hanya butuh waktu beberapa menit.

5. Jangan pakai bra terlalu ketat

Enggak ada salahnya untuk mengendurkan sedikit bra yang dipakai. Terkadang, kondisi saluran ASI yang tersumbat bisa makin buruk jika ada tekanan dari luar. Pastikan bra pas tetapi tidak mengikat, dan pertimbangkan untuk menghindari bra dengan kawat untuk saat ini.

6. Kompres hangat

Coba kompres hangat pada payudara yang sakit sebelum menyusui. Caranya, celupkan waslap ke dalam air hangat dan kompres pada payudara. Hal ini dapat membantu melancarkan ASI. Cara lainnya, coba berdirilah di bawah pancuran air hangat, atau bisa juga mandi dengan air hangat sebelum menyusui.

7. Pijat

Bunda juga perlu memijat payudara ketika saluran ASI tersumbat. Memberikan tekanan lembut pada saluran ASI yang tersumbat baik sebelum dan selama menyusui, dapat membantu melonggarkan penyumbatan.

Caranya, coba gerakan memutar di bagian luar payudara dan gerakkan ke arah benjolan. Tahan keinginan untuk melakukannya secara berlebihan, karena hal itu dapat menyebabkan memar.

8. Konsultasi dengan dokter

Apabila Bunda masih belum bisa mengatasinya dan merasa clueless, maka buatlah janji bertemu dengan dokter Bunda. Bicaralah dengan dokter jika benjolan membesar, berlangsung selama lebih dari beberapa hari atau jika Bunda mengalami demam atau rasa tidak nyaman pada payudara.

Semoga tips untuk mengatasi saluran ASI tersumbat tadi bisa membantu Bunda menyelesaikan masalah ya.

Simak juga perjuangan Winda Idol saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi