sign up SIGN UP search


menyusui

7 Drama Menyusui yang Dialami para Artis, Ada yang Sampai Dilarikan ke UGD

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 04 Aug 2022 12:10 WIB
Citra Kirana 7 Drama Menyusui yang Dialami para Artis/Foto: Instagram @citraciki
Jakarta -

Drama menyusui juga dialami para Bunda mengASIhi buah hatinya lho. Ada yang mengalami puting lecet hingga mastitis selama proses menyusui.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyusui adalah salah satu cara paling efektif untuk memastikan kesehatan serta kelangsungan hidup anak. Sebab, ASI merupakan makanan ideal untuk bayi.

Setiap tahunnya, Pekan ASI Sedunia diperingati di minggu pertama bulan Agustus untuk menyadarkan orang-orang tentang pentingnya menyusui untuk ibu dan anak. Menyusui bisa memberikan ASI bernutrisi yang dibutuhkan anak di bulan-bulan pertama kehidupannya.


WHO menjelaskan bahwa anak-anak yang menyusu ASI kemungkinan kecil mengalami obesitas dan tidak rentan terhadap diabetes di kemudian hari. Sementara untuk Bunda, menyusui bisa mencegah depresi hingga terhindar dari berbagai risiko penyakit seperti kanker payudara dan ovarium.

Menyusui dapat dilakukan kapan saja dan tidak mengeluarkan biaya. Selain itu, metode menyusui langsung (direct breastfeeding) juga bisa menciptakan ikatan bonding antara Bunda dan Si Kecil.

Drama menyusui para artis

Meski manfaat menyusui banyak, tak semua Bunda lancar mengASIhi buah hatinya. Periode ini biasanya menjadi tantangan bagi Bunda yang pertama menyusui anaknya. Tapi, tak menutup kemungkinan drama menyusui juga dialami pada anak kedua dan ketiga.

Para Bunda seleb juga banyak yang mengalami drama menyusui lho. Nah, berikut telah Bubun rangkum 7 Bunda seleb yang mengalami drama menyusui buah hatinya:

1. Citra Kirana

Artis Citra Kirana sempat mengalami mastitis saat menyusui anak semata wayangnya, Keene Atharrzka Aditya atau dipanggil Athar. Istri Rezky Adhitya ini bahkan sampai dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit lho, Bunda.

Wanita yang akrab disapa Ciki ini mengalami masalah menyusui karena tidak rutin memompa ASI-nya. Ia sempat menganggap hal itu tak penting karena persediaan ASI-nya berlimpah.

"Alhamdulillah ASI aku itu banyak, tapi aku enggak kosongin, jadi enggak dipompa. Yang ada dipikiran aku tuh nenenin Athar sering dan lama berarti sudah oke, aku enggak perlu memompa lagi," kata Citra, dalam YouTube Ciky Citra Rezky, beberapa waktu lalu.

Citra KiranaCitra Kirana/ Foto: Instagram @citraciki

Akibat jarang memompa ASI, Citra Kirana mengalami mastitis dengan gejala demam mencapai 39,6 derajat celcius. Tak hanya itu, dia juga mengalami pusing, mual, dan pembengkakan di payudara.

"Kemarin itu memang aku masuk UGD karena aku mengalami mastitis. Jadi kalau ibu menyusui itu tahu apa itu mastitis. Mastitis itu terjadi pada ibu yang baru punya anak sekitar enam minggu," ungkapnya.

Dari pengalaman ini, Citra Kirana banyak mendapatkan pelajaran pentingnya memompa ASI pada ibu menyusui. Meski ASI berlimpah, dia tidak boleh menganggap remeh hal tersebut.

Selain Citra Kirana, drama menyusui juga dialami para Bunda seleb Tanah Air. Siapa saja mereka? Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 penyebab busui mengalami mastitis berulang, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

NAGITA SLAVINA MENGALAMI PUTING LECET SAAT MENYUSUI ANAK KEDUA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!