sign up SIGN UP search


menyusui

Berencana Melahirkan di Rumah Sakit? Pastikan 5 Hal Ini agar IMD Sukses

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 13:05 WIB
Ilustrasi Menyusui Berencana Melahirkan di Rumah Sakit? Pastikan 5 Hal Ini agar IMD Sukses/ Foto: Getty Images/iStockphoto/paulaphoto
Jakarta -

Banyak hal yang perlu Bunda persiapkan sebelum melahirkan. Salah satunya adalah mempersiapkan diri untuk Inisiasi Menyusui Dini (IMD) usai persalinan.

IMD kerap dikaitkan dengan keberhasilan menyusui eksklusif, Bunda. IMD juga bisa membentuk bonding antara ibu dan bayinya.

Manfaat IMD untuk bayi

Menurut konselor laktasi, F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui, IMD adalah proses memberikan kesempatan pada bayi untuk mencari sendiri sumber makanannya dan menyusui pada ibunya segera setelah dilahirkan selama minimal satu jam. Prinsip mencari sendiri ini berarti bayi tidak dipaksa atau didorong menyusu, Bunda.


Hal yang sama juga dijelaskan Badan Kesehatan Dunia (WHO). WHO mengatakan bahwa IMD diberikan dalam waktu satu jam setelah bayi lahir. Bayi akan mendapatkan ASI pertama, yakni kolostrum yang bisa melindungi tubuh.

IMD memberikan manfaat untuk bayi. Selain untuk mendukung keberhasilan menyusui eksklusif, IMD juga dapat mencegah kematian bayi di negara berkembang.

"Bukti menunjukkan, IMD juga bisa meningkatkan kemungkinan pemberian ASI eksklusif untuk satu sampai empat bulan kehidupan anak," demikian pernyataan WHO, dikutip dari laman resminya.

Menurut Monika, bayi yang diberikan kesempatan IMD akan lebih berhasil menyusui eksklusif dan akan lebih lama disusui. Proses IMD juga dapat merangsang pengeluaran hormon oksitosin yang membantu mengurangi perdarahan dan mempercepat pemulihan pasca bersalin.

Manfaat lain IMD adalah skin to skin. Kontak kulit antara Bunda dan Si Kecil mampu menstabilkan suhu badannya, sehingga ia tetap hangat. Manfaat ini juga akan meningkatkan kemampuan bayi baru lahir untuk bertahan hidup.

Bunda sudah dapat mempersiapkan IMD sejak masa kehamilan atau sebelum melahirkan di rumah sakit ya. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 7 manfaat skin to skin dengan Si Kecil yang baru lahir, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PERSIAPAN INISIASI MENYUSU DINI (IMD)
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!