sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Mengatasi Payudara Bengkak Ketika Menyapih

Asri Ediyati Kamis, 01 Oct 2020 11:26 WIB
ilustrasi ibu dan bayi caption
Jakarta -

Menyapih memiliki efek fisik, hormonal, dan emosional pada ibu. Saat Bunda menyapih secara bertahap, Bunda mungkin dapat bersiap dan menyesuaikan diri dengan perubahan seiring waktu.

Mengutip Very Well Family, jika menyapih anak secara tiba-tiba, hal itu dapat berdampak lebih besar pada Bunda dan tubuh, salah satunya payudara menjadi bengkak.

Payudara bisa menjadi bengkak karena ASI tak lagi dikeluarkan untuk si kecil ataupun melalui proses diperah. Nyeri payudara bengkak kurang lebih sensasinya sama seperti payudara yang penuh ASI ketika Bunda masih menyusui,


Bagaimana cara mengatasi payudara bengkak ketik menyapih:

1. Pompa ASI dengan tangan

Konselor laktasi Kelly Bonyata, IBCLC, menyarankan untuk memompa ASI dengan tangan bila payudara bengkak. Perlu diingat bahwa jumlah ASI yang dipompa dengan tangan itu sedikit saja.

"Jika hanya sedikit ASI yang dikeluarkan dari payudara, maka produksi ASI akan menurun. Selain itu, memeras sedikit ASI akan meredakan ketidaknyamanan Anda dan mengurangi kemungkinan tersumbatnya saluran, infeksi payudara, atau abses," kata Bonyata, dikutip dari Kelly Mom.

2. Mandi air hangat

Ketika payudara bengkak dan sangat sakit sehingga Bunda hampir tidak bisa memikirkan hal lain, mandi air hangat bisa menjadi pilihan tepat. Mandi air hangat bisa meredakan nyeri payudara dengan cara yang sama meredakan nyeri otot.

Mandi air panas juga bisa membuat ASI mengalir tanpa bantuan sama sekali. Sambil mandi, coba tekan lembut payudara agar ASI mengalir keluar.

3. Kenakan bra yang nyaman

Kenakan bra yang mendukung tetapi tidak terlalu ketat. Pilih bra yang lembut sehingga tekanan pada payudara terasa nyaman.

Memilih bra yang terlalu ketat atau mencoba mengikat payudara dapat menyebabkan saluran ASI tersumbat atau infeksi payudara. Jadi pilih bra yang tepat ya, Bunda.

4. Kompres dingin

Kompres dingin dengan es atau daun kubis meredakan peradangan dan nyeri pada payudara yang membengkak. Jika terus digunakan, kompres dingin juga dapat membantu menurunkan produksi ASI.

Cara mengaplikasikannya simpel yaitu biarkan selama 30 menit, lebih lama jika Bunda tahan. Semakin lama Bunda memakai es, semakin lama Bunda merasa lega.

5. Gunakan minyak esensial peppermint

Minyak esensial peppermint bisa memperlambat produksi ASI. Jadi saat payudara bengkak karena menyapih, coba oleskan sedikit minyak kelapa, lalu teteskan 1 tetes minyak esensial peppermint di atas payudara dan gosokan ke sekelilingnya.

Mengutip Nursing The Baby, saat pengolesan minyak kelapa dan esensial papelpermint sebaiknya hindari areola dan puting, lalu coba menerapkannya dua kali hingga tiga kali sehari.
Sebagai bonus tambahan, minyak peppermint memberikan sensasi dingin yang menyenangkan seperti kompres es.

Semoga lima cara di atas bisa membantu meredakan payudara bengkak setelah menyapih ya.

Simak juga pengalaman Eriska Rein menyusui anak melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi