sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi ASI Sering Kembung? Kenali Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya Bun

Asri Ediyati Sabtu, 07 Nov 2020 15:02 WIB
menyusui caption
Jakarta -

Perut kembung seringkali menjadi salah satu kondisi yang membuat bayi jadi enggak nyaman. Hal ini bisa dialami bayi ketika menyusu. Seringkali gas dalam perut ini menyebabkan ketidaknyamanan.

Menurut perawat Carissa Stephens, R.N., CCRN, CPN, ada baiknya mencoba mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah. Untuk meminimalkan masalah kembung pada bayi yang disusui, Bunda perlu mengetahui lebih banyak tentang potensi penyebabnya.

"Salah satu penyebab paling umum bayi kembung adalah dengan menghirup udara berlebih. Ini bisa terjadi bila ada pelekatan yang buruk. Jika bayi Anda tidak memiliki penutup yang rapat di sekitar areola, udara bisa masuk bersama ASI," kata Stephens dikutip dari Healthline.


Penyebab lainnya yaitu masalah dengan pemberian susu botol. Udara di dalam nipple botol bisa ditelan bersamaan dengan susu. Kemudian bayi menangis juga bisa membuat udara ekstra tertelan.

Lainnya yaitu pasokan berlebih. Bayi yang meneguk cepat seringkali juga menelan udara. Bagaimana dengan makanan Bunda?

"Tidak ada penelitian yang secara andal membuktikan bahwa mengurangi makanan dari pola makan ibu dapat mengurangi gas atau kerewelan. Faktanya, penelitian dari 2017, menemukan bahwa banyak ibu membatasi diet mereka secara tidak perlu dan tidak ada makanan yang benar-benar harus dihindari oleh ibu menyusui," kata Stephens.

Lalu, bagaimana cara mengatasi bayi ASI yang sering kembung? Berikut caranya dilansir laman resmi Texas' Children Hospital:

1. Pastikan bayi memiliki pelekatan yang baik agar tidak menelan terlalu banyak udara.

2. Sendawakan bayi untuk membantu menghilangkan gas.

3. Cobalah untuk tidak membiarkan bayi menyusu terlalu cepat.

4. Pantau kapan bayi mengeluarkan gas.

5. Jika Bunda memiliki kekhawatiran lebih lanjut tentang perut kembung atau kerewelan bayi yang meningkat, pastikan untuk mendiskusikannya dengan dokter anak atau konsultan laktasi.

Semoga lima tips di atas bisa membantu meredakan perut kembung bayi setelah menyusu ya.

Simak juga cara mencegah mastitis melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi