sign up SIGN UP search


menyusui

Kenali 3 Tanda Payudara Bengkak Ibu Menyusui, Bisa Sebabkan ASI Turun Lho

Annisa Karnesyia Kamis, 17 Jun 2021 18:40 WIB
menyusui caption
Jakarta -

Payudara bengkak bisa terjadi selama proses menyusui, Bunda. Hal ini bisa bikin Bunda enggak nyaman dan enggan menyusui buah hati.

Pembengkakan bisa terjadi di salah satu sisi atau kedua payudara. Dilansir Very Well Family, payudara bengkak umumnya terjadi satu atau dua minggu pertama setelah melahirkan.

Peningkatan aliran darah ke payudara bersama dengan lonjakan suplai ASI dapat menyebabkan pembengkakan ini, Bunda. Selain itu, memberi jarak waktu lama menyusui atau bayi menolak menyusu bisa juga menyebabkan payudara bengkak.


Payudara bengkak bisa mengganggu proses menyusui, Bunda. Akibat kondisi ini, pasokan ASI bisa menurun, ASI keluar dengan cepat, hingga Bunda malas menyusui. Bila dibiarkan, anak tidak akan mendapatkan cukup ASI dan tumbuh kembangnya bisa terganggu.

Payudara bengkak bisa diatasi kok, Bunda. Menurut F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui, Bunda perlu memastikan posisi dan pelekatan menyusui bayi benar untuk mencegah payudara bengkak.

Selain itu, jangan biarkan bayi menyusu sesuai keinginannya. Teknik menyusui yang tepat juga dibutuhkan, misalnya menawarkan satu payudara dulu, baru beralih ke payudara yang lain.

"Biarkan bayi menyelesaikan menyusui di payudara pertama terlebih dulu sebelum menawarkan ke payudara yang lain," kata Monika.

Bunda juga perlu mencari waktu luang untuk memerah payudara. Misalnya, memerah pada malam hari bisa dilakukan minimal dua kali ketika bayi tidur.

Bentuk payudara bisa menjadi lebih besar ketika menyusui atau setelah melahirkan. Bunda perlu membedakan ukuran payudara ini dengan kondisi saat mengalami pembengkakan ya.

Payudara bengkak memiliki gejala atau tanda yang khas. Lalu apa saja tanda-tandanya? Baca halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TANDA PAYUDARA BENGKAK: DEMAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!