sign up SIGN UP search


menyusui

10 Tips Meredakan Sakit Punggung Saat Menyusui

Annisa Karnesyia Kamis, 26 Nov 2020 11:12 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Kelelahan hingga menyebabkan sakit punggung adalah masalah menyusui yang kerap dialami ibu. Jika masalah ini tak diatasi, bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat menyusui.

Kondisi sakit punggung umumnya disebabkan posisi menyusui ibu yang salah. Keadaan ini bisa semakin diperparah dengan waktu menyusui yang tak sebentar dan beberapa kali dalam sehari.

Dilansir Parents, penelitian menunjukkan bahwa menyusui dengan posisi yang sama bisa meningkatkan risiko sakit punggung bawah delapan kali lipat lho, Bunda. Bila rasa sakit tidak bisa diatasi, ibu sebaiknya segera konsultasi ke dokter.


"Saat ibu duduk delapan hingga dua belas kali sehari untuk menyusui, tubuh akan terasa seolah-olah melalui rintangan yang berat," kata Leigh Anne O'Connor, konsultan laktasi di New York City.

Masalah sakit punggung saat menyusui bisa diatasi dengan beberapa hal mudah, Bunda. Mengutip Parenting Firstcry, berikut 10 tipsnya:

1. Perhatikan posisi menyusui

Menyusui bayi dengan posisi duduk adalah salah satu penyebab sakit punggung pada ibu. Untuk menghindarinya, ibu bisa berganti posisi menyusui, misalnya dengan berbaring.

2. Gunakan bantal untuk penopang

Saat menyusui, kebanyakan ibu sering mencondongkan tubuh ke depan sehingga membuat punggung sakit. Bunda bisa mengganjal posisi bayi dengan menggunakan bantal agar lebih dekat ke payudara. Sebagai alternatif, gunakan juga bantal ekstra di punggung Bunda.

3. Gunakan kursi yang tepat

Jenis kursi yang tepat penting bagi ibu yang suka menyusui sambil duduk. Hindari duduk di kursi dengan bantalan yang bisa menyebabkan sakit punggung. Pilihlah kursi yang kokoh dan posisinya tegak.

Klik NEXT untuk tahu 7 tips lainnya, Bunda.

Simak juga cara memperlancar ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Elon Musk
Tips Meredakan Sakit Punggung Saat Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi