sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab Utama Sakit Punggung saat Menyusui, Ketahui Posisi untuk Mencegahnya

Siti Masitoh   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 11:50 WIB
A Caucasian woman sleeping on her bed caption
Jakarta -

Menyusui memang bermanfaat untuk ibu dan bayi, tapi kerap kali ibu mengalami beberapa sakit dan nyeri. Misalnya sakit punggung karena menyusui Si Kecil. Meskipun Bunda awalnya tidak pernah menderita masalah punggung, saat menjadi ibu baru bisa saja mengalaminya akibat hamil, melahirkan, dan selalu terbaring di ranjang rumah sakit.

Menyusui juga dapat memberikan tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya lho Bunda. "Penyebab terbesar dari sakit punggung adalah seorang ibu yang membungkuk di atas bayinya dan membawa payudaranya ke bayi, bukan bayinya ke payudara," kata Michelle Poole, konsultan laktasi bersertifikat,

Jadi jangan kaget jika Bunda tiba-tiba mengalami lebih banyak sakit punggung daripada sebelumnya. Sebagai ibu menyusui, wanita juga harus beradaptasi dengan waktu duduk yang lebih lama daripada biasanya.


Sakit punggung saat menyusui

Nah, karena penyesuaian itulah Bunda perlu mengubah gaya hidup untuk memastikan punggung terawat dengan benar. Tenang saja Bunda, ada beberapa posisi menyusui untuk wanita dengan masalah punggung.

Jika posisi tersebut dikombinasikan dengan peregangan dan Latihan terapi fisik punggung bagian bawah, ini bisa membantu meringankan atau bahkan memperbaiki secara permanen beberapa sakit yang dialami.

Melansir laman Romper.com, terdapat 5 posisi terbaik yang bisa meringankan sakit punggung saat menyusui . Apa saja ya? Simak yuk Bunda.

1. Posisi berbaring

Cobalah menyusui dengan posisi berbaring. Berbaring saat menyusui jauh lebih mudah di punggung bawah Bunda. Menurut konsultan laktasi bersertifikat, Rebecca Koyf, posisi ini kadang-kadang disebut menyusui biologis, terasa seperti posisi alami bagi sebagian besar ibu dan sangat bagus untuk punggung.

Posisi berbaring atau santai sangat direkomendasikan karena bisa mengurangi ketegangan pada punggung, bahu, dan lengan. “Dalam posisi ini, gravitasi bekerja untuk Anda dan bayi. Itu adalah posisi alami, kebanyakan bayi mamalia menyusui seperti itu,” kata Koyf.

Melansir laman Verywellfamily.com, santai menyusui merupakan posisi yang melibatkan berbaring sambil menggendong bayi di dada. Posisi ini bisa Bunda lakukan di tempat tidur atau kursi yang bisa direbahkan. Letakkan Si Kecil di atas dada, dukung lengan dengan bantal dengan cara apapun yang terasa paling nyaman.

Diperkirakan, menyusui dengan santai akan membuat Si Kecil memanfaatkan naluri menyusui alaminya. Menurut Koyf, bayi akan menyusu dalam posisi tummy to tummy dan mendapatkan pelekatan yang lebih dalam dan lebih lebar dengan melengkungkan punggung dan lebih menurunkan rahang.

Klik halaman berikutnya untuk tahu 4 posisi menyusui yang bebaskan Bunda dari nyeri punggung lainnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 teknik menyusui bayi baru lahir.

[Gambas:Video Haibunda]



POSISI BERBARING SAMPING HINGGA BERDIRI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!