sign up SIGN UP search


menyusui

3 Obat Keputihan Ibu Menyusui, Salah Satunya Daun Jambu Biji

Annisa Karnesyia Jumat, 27 Nov 2020 07:06 WIB
Portrait of a loving mother in sofa breastfeeding baby girl. Newborn child fed with breast milk by mom. caption
Jakarta -

Keputihan tak hanya dialami ibu saat hamil, tapi juga ketika menyusui. Keputihan bisa membuat kondisi ibu menjadi tidak nyaman, Bunda.

Menurut psikolog kesehatan dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D, keputihan bisa dikatakan normal terjadi pada wanita. Kondisi ini berhubungan dengan fungsi tubuh yang sehat.

Salah satu contohnya, pengeluaran cairan meningkat karena ovulasi atau menyusui. Selain itu, penggunaan pil KB, olahraga, dan stres juga bisa menyebabkan keputihan, Bunda.


Namun, ada jenis keputihan tertentu yang dapat mengindikasikan infeksi. Keputihan ini masuk dalam kategori tidak normal bila dilihat dari bentuknya. Bila keputihan semakin parah, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

"Keputihan yang tidak normal mungkin berwarna kuning atau hijau dengan konsistensi tebal atau berbau tidak sedap," kata Wilson, dilansir Healthline.

Infeksi jamur atau bakteri biasanya menjadi penyebab keputihan yang tidak normal. Beberapa keputihan ini tidak memerlukan perawatan, sementara yang lain perlu penanganan medis.

Keputihan pada ibu menyusui biasanya terjadi setelah melahirkan. Kondisi ini sering disebut lochia.

Saat menyusui, pengeluaran cairan keputihan dapat meningkat. Ini biasanya ditandai dengan pendarahan merah tua yang berubah menjadi merah muda atau cokelat berair, sebelum menjadi warna kuning.

Lochia umumnya berhenti selama empat hingga enam minggu setelah melahirkan. Namun, beberapa ibu menyusui melaporkan peningkatan jumlah cairan keputihan ini.

Keputihan pada ibu menyusui bisa diatasi dengan penggunaan obat. Jika Bunda memeriksakan kondisi ke dokter, biasanya akan diresepkan obat untuk mengatasi keputihan.

Selain obat dari dokter, pengobatan herbal juga bisa mengatasi masalah keputihan lho. Apa saja obatnya? Klik NEXT untuk tahu 3 obat keputihan yang bisa Bunda gunakan ya.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Elon MuskFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(ank/rap)
Obat Keputihan Ibu Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi