sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab Lidah Putih pada Bayi, Bisa karena Infeksi Jamur

Annisa Karnesyia Jumat, 11 Dec 2020 18:22 WIB
ibu menyusui caption
Jakarta -

Kesehatan bayi usai dilahirkan memang sangat penting dijaga. Hal ini juga berlaku bagi Bunda yang menyusui bayi setelah melahirkan.

Masa menyusui bisa jadi masalah jika kesehatan buah hati terganggu. Apalagi kalau penyebabnya karena proses menyusui yang salah.

Salah satu masalah yang sering ditemukan pada bayi menyusu adalah lidah putih. Menurut Essie Laksana dalam buku Mitos & Fakta Seputar Kehamilan dan Persalinan, bayi sehat itu lidahnya berwarna merah.


Lidah bayi bisa berubah jadi putih karena adanya bercak keputihan di permukaan lidah. Kondisi ini tidak selalu menandakan suatu penyakit, Bunda.

Penyebab lidah putih pada bayi ada dua, yakni bekas menyusu atau infeksi jamur Candida Albicans. Bercak putih sisa susu lebih mudah dihilangkan daripada bercak karena jamur.

"Cara menghilangkan bercak susu, yaitu mengelap atau memberikan minum air putih setelah bayi menyusu," kata Essie.

Nah, pada lidah putih yang disebabkan jamur, mengelap justru bisa memperparah kondisi. Lidah bisa berubah warna jadi kemerahan, hingga mengeluarkan darah.

Lidah bayi putih karena jamur

Jamur Candida bisa menyebabkan infeksi thrush atau sariawan pada mulut bayi menyusu. Dilansir Healthline, jenis jamur ini hampir sama dengan infeksi penyebab ruam popok.

Pada kasus thrush, infeksi terbentuk di bagian mulut. Bagian ini termasuk bibir, lidah, dan pipi dalam mulut bayi.

Untuk tahu penyebabnya, Bunda bisa melihat penyebaran di area mulut bayi. Bila disebabkan susu, warna putih akan hilang saat dilap. Sementara, lidah bayi putih karena jamur sulit untuk hilang.

Bayi yang terkena jamur Candida di mulut bisa mengalami kondisi 'keputihan' di area lain, seperti pipi bagian dalam. Kecil kemungkinan warna putih hanya ditemukan di lidah saja.

Penyebab thrush bisa karena sistem kekebalan tubuh bayi sulit melawan infeksi jamur, atau ibu menyusui mengonsumsi obat antibiotik. Obat untuk menangani infeksi lain bisa membunuh bakteri baik dan mendorong pertumbuhan jamur.

Lalu bagaimana penanganan lidah putih pada bayi menyusu? Klik NEXT untuk penjelasan lengkapnya ya.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner istri mensosFoto: HaiBunda
(ank/rap)
Pengobatan Lidah Putih pada Bayi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi