sign up SIGN UP search


menyusui

Sering Diabaikan, Ini 3 Efek Samping yang Bunda Rasakan Usai Menyapih

Hilda Irach Kamis, 03 Dec 2020 15:02 WIB
Cropped shot of an attractive young woman carrying her sleeping daughter through the living room on Christmas morning caption

Jakarta - Menyusui bayi menjadi momen kedekatan bagi setiap ibu dan sang buah hati. Namun, akan tiba masanya si kecil harus berhenti minum air susu ibu (ASI). Berhenti memberi ASI pada anak atau menyapih tidak semudah yang dibayangkan lho, Bunda.

Beberapa hal harus Bunda perhatikan dan menjadi pertimbangan sebelum mulai menyapih bayi. Karena bisa memengaruhi kondisi mental Bunda dan si kecil.

Pada umumnya bayi harus disusui selama enam bulan dan berlanjut hingga 2 tahun . Dalam studi yang dikutip dari daily mail, bayi yang disusui dalam jangka waktu tersebut memiliki masalah perilaku yang jauh lebih sedikit. Mereka yang diberi ASI selama tiga bulan atau lebih ternyata tidak terlalu rentan terhadap masalah sosial lho, Bunda. Terutama dalam menjalin persahabatan atau masalah dengan konsentrasi. Serta tidak rentan terhadap menghadapi masalah emosional seperti serangan kecemasan.


Meskipun studi tersebut tidak meneliti penjelasan mengapa bayi yang disusui mengalami lebih sedikit masalah perilaku, diperkirakan ada beberapa alasan nih, Bunda. Menurut Dr. Speyer, menyusui melepaskan oksitosin atau yang disebut 'hormon cinta' pada ibu dan anak, Sehingga mengeluarkan efek positif pada suasana hati mereka dan mengurangi stress.  Oleh karena itu, oksitosin berperan dalam keterikatan  emosional yang kuat antara ibu dan bayi. 

Selain membangun ikatan emosional, menyusui juga bermanfaat bagi si kecil. Sejumlah manfaat yang diperoleh dari ASI diantaranya, peningkatan fungsi dan kekebalan tubuh, memiliki IQ yang lebih tinggi, dan minimnya risiko terkena obesitas. Sedangkan susu formula tidak memberikan perlindungan yang sama dari penyakit dan tidak memberi manfaat kesehatan apa pun nih, Bunda. 

Terlepas dari banyaknya manfaat menyusui, efek samping menyapih sering kali terabaikan. Pasalnya, menyapih juga dapat menimbulkan efek samping pada tubuh dan kesehatan mental Bunda, lho. Melansir dari psychcentral berikut ini 3 perubahan yang dialami Bunda saat menyapih:

1. Perubahan Hormon

Selama penyapihan, kadar hormon yang berperan penting saat Bunda menyusui akan menurun. Yaitu oksitosin dan prolaktin.

Perubahan hormonal yang dialami ini di antaranya, cenderung mudah merasa stress dan kecemasan yang berlebih. Bahkan timbul perasaan terlepas atau adanya jarak antara Bunda dengan bayi lho. Hal ini disebabkan, kadar oksitosin yang dapat menghilangkan stress dan meningkatkan keterikatan antara ibu dan anak menurun, sehingga Bunda mengalami stress.

Selain itu, hormon prolaktin yang membantu untuk memulai dan mempertahankan produksi ASI juga menurun nih, Bunda. Sedangkan, hormon estrogen yang memengaruhi suasana hati meningkat.

Perubahan hormon ini berdampak serius pada suasana hati dan kesehatan mental Bunda. Bahkan bisa menyebabkan depresi terutama pada wanita yang sangat sensitif terhadap perubahan hormon di tubuh mereka.

Meskipun perubahan hormon ini tidak dapat dihindari, ada beberapa tindakan praktis yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi efek samping dari menyapih ini.

1. Lakukan secara bertahap

Menyapih bayi harus dilakukan secara perlahan dan bertahap, Bunda. Jangan langsung menghentikannya. Sebab akan membuat Bunda lelah secara emosional, muncul perasaan tak nyaman, dan masalah fisik lainnya.

Oleh sebab itu, disarankan untuk menghentikannya secara perlahan dan hanya membatasi pemberian ASI di waktu-waktu tertentu.

2. Sering-seringlah memeluk dan menggendong bayi Bunda

Memeluk dan menggendong bayi akan merangsang produksi oksitosin dalam tubuh Bunda. Sehingga membantu Bunda untuk merasa lebih terhubung secara emosional dan fisik nih.

3. Mengurangi stress

Jangan menyapih bayi saat bunda mengalami situasi stress ya, sebab hal ini akan memperburuk kondisi mental Bunda. Temukan cara untuk mengatasi stres dan kecemasan jika Bunda mengalami hal ini saat menyapih, seperti berolahraga.

Dengan berolahraga, akan membantu menenangkan pikiran dan mencegah penambahan berat badan.

Untuk informasi selengkapnya, klik next ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk bagaimana cara Bunda seleb menyapih anaknya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Gunawan



(rap/rap)
Efek Samping yang Bunda Rasakan Saat Menyapih Si Kecil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi