sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Aman dan Lancar Menyusui Saat Hamil Anak Kedua

Annisa Karnesyia Kamis, 17 Dec 2020 11:10 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Kehamilan kedua mungkin tidak begitu berat dirasakan sebagian besar wanita. Namun, kondisi ini bisa menyulitkan jika ibu masih menyusui anak pertamanya lho.

Ibu hamil sebenarnya tetap boleh kok menyusui. Sebab, ASI akan tetap diproduksi meski ibu dalam kondisi hamil.

"Saat menyusui balita, bayi di dalam kandungan akan tetap mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dari tubuh ibunya," kata konselor laktasi, Christine Griffin, dikutip dari Baby Centre.


Tubuh Bunda akan melepaskan hormon oksitosin untuk memproduksi ASI. Nah, oksitosin juga akan dilepaskan selama persalinan, namun tidak ada bukti yang menyebut bahwa menyusui selama hamil bisa memicu kontraksi.

Meski begitu, menyusui saat hamil anak kedua mungkin dapat memicu efek samping dari kehamilan itu sendiri. Salah satu kemungkinan yang bisa terjadi Bunda akan merasa lebih mual.

Selain itu, puting juga akan lebih sensitif. Kondisi ini sering terjadi di awal kehamilan, Bunda.

"Puting sensitif yang terjadi pada awal kehamilan mungkin lebih sakit karena ibu sedang menyusui. Kebanyakan ibu bisa menyesuaikan diri dengan rasa tidak nyaman ini," ujar Griffin.

Memasuki usia kehamilan lima bulan, payudara ibu memproduksi kolostrum untuk persiapan kelahiran bayi. Anak pertama yang masih disusui bisa tidak menyukai perubahan rasa ASI. Bunda mungkin perlu menghentikan pemberian ASI dan mulai menyapih si kecil.

"Jika ingin terus menyusui tidak masalah. Tidak perlu khawatir karena menyusui tidak akan membuat produksi kolostrum ibu berkurang," ucap Griffin.

Nah, jika anak kita masih berusia kurang dari 1 tahun, pastikan untuk memperhatikan penambahan berat badan anak ya. Terutama ketika rasa ASI berubah atau Bunda memilih menyapih.

Ibu hamil yang memilih menyusui anaknya perlu menjaga kondisi tubuh ya. Bagaimana caranya?

BACA HALAMAN SELANJUTNYA untuk tahu 5 tips aman menyusui saat hamil anak kedua.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner tanaman hias tropis
Tips Aman dan Lancar Menyusui Saat Hamil Anak Kedua
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi