sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Aman dan Lancar Menyusui Saat Hamil Anak Kedua

Annisa Karnesyia Kamis, 17 Dec 2020 11:10 WIB
Tips Aman dan Lancar Menyusui Saat Hamil Anak Kedua
Ibu menyusui caption

Menyusui si kecil saat hamil anak kedua enggak boleh sembarangan. Bunda perlu perhatikan 5 hal berikut ya:

1. Konsultasi ke dokter atau konselor ASI

Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter sebelum menyusui saat hamil. Pada kondisi tertentu, dokter mungkin tidak menyarankan ibu hamil menyusui jika berisiko mengalami keguguran.

Beberapa kondisi tersebut, yakni jika ibu mengandung anak kembar atau lebih, pernah mengalami nyeri rahim atau pendarahan, serta perah disarankan untuk menghindari seks saat hamil.


2. Duduk atau berbaring saat menyusui

Menyusui membutuhkan energi lebih, Bunda. Selama kehamilan, energi ibu mungkin terkuras karena kelelahan.

Pastikan untuk duduk atau berbaring di tempat yang santai saat menyusui atau memompa ASI. Cara ini juga bisa memberi waktu bagi Bunda untuk istirahat saat bayi disusui.

3. Pantau suplai ASI

Persediaan ASi mulai berkurang sekitar bulan ke-4 atau ke-5 setelah melahirkan. Ibu perlu memastikan nutrisi yang masuk ke tubuh saat hamil dan menyusui ya.

Nutrisi yang tepat dapat menutupi suplai ASI yang menurun. Untuk mengetahui suplai ASI dan waktu menyusui, sebaiknya konsultasi ke konsultan laktasi atau dokter.

4. Perhatikan pola makan ibu

Kehamilan dan menyusui membutuhkan energi ekstra, jadi penting bagi ibu memastikan asupan kalorinya. Bunda perlu tahu, 500 kalori ekstra dibutuhkan saat menyusui atau 650 kalori ekstra jika bayi yang disusui berusia di bawah 6 bulan.

Tambahan 350 kalori juga dibutuhkan saat ibu hamil berada di trimester kedua. Sementara 450 kalori di kehamilan trimester ketiga.

Beberapa penyedia layanan kesehatan setuju bahwa ibu menyusui tidak membutuhkan tambahan kalori saat berada di trimester pertama. Namun, penting untuk tetap memenuhi nutrisi ya.

5. Rawat payudara dan puting

Payudara dan puting sakit kerap dialami ibu menyusui. Masalah mungkin menjadi berat saat ibu hamil.

Pastikan Bunda meluangkan waktu untuk merawat payudara dan puting selama hamil dan menyusui ya. Meski ini merupakan gejala umum kehamilan, perawatan diri penting untuk kesehatan mental dan fisik.

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi