sign up SIGN UP search


menyusui

6 Tips Ampuh Meredakan Sakit Punggung pada Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 21 Dec 2020 09:17 WIB
Mother breastfeeding baby son in bedroom, they enjoy in this moment together caption

Jakarta - Aktivitas menyusui seringkali menyebabkan sakit leher atau sakit punggung untuk para Bunda. Hal ini biasanya dikarenakan proses duduk yang terlalu lama saat menyusui.

Ketika menyusui, Bunda cenderung menjulurkan leher atau membungkuk untuk melihat bayi Bunda saat menyusui atau saat menemukan posisi yang tepat untuk menyusui.

Padahal, kebiasaan sederhana dengan postur tubuh yang salah justru dapat menyebabkan sakit punggung untuk busui. Jika sudah begini, proses menyusui pun semakin tidak nyaman.


"Setiap ibu menyusui akan menghadapi ketegangan saat menyusui terutama ketika Bunda tidak menyusui dalam posisi yang optimal," ujar Mina Rorcharshky, seorang konsultan laktasi seperti dikutip dari laman Romper.

Untuk itu, Rorcharshky mengingatkan agar busui memperhatikan dukungan yang tepat agar menjaga tulang belakang tetap dalam posisi yang baik ketika menyusui. Sehingga, hal tersebut tak menjadi masalah sehari-hari yang mengganggu proses menyusui.

Perlu Bunda ingat bahwa postur tubuh yang baik dalam menyusui ialah kunci yang tak boleh dilupakan agar terhindari dari sakit punggung. Ketika Bunda berada dalam posisi membungkuk, hal tersebut akan memberikan tekanan pada otot punggung dan tulang belakang di mana dapat menyebabkan sakit punggung yang parah. 

Inilah mengapa penting sekali menjaga punggung tetap tertopang dengan baik saat menyusui dalam posisi duduk. Ada baiknya, Bunda duduk di kursi yang nyaman dengan adanya sandaran sebagai penyangga di kursi tersebut.

Cobalah mencari kursi dengan punggung tinggi sehingga Bunda dapat duduk tegak dengan bahu ke belakang dan punggung bawah di sangga kursi.

Jika merasa kesulitan dengan kursi yang memadai, carilah bantai yang memadai dimana dapat membantu Bunda menyusui dengan baik tanpa membuat punggung sakit. 

Cobalah menopang bayi hingga setinggi payudara dengan bantal yang mendukung di pangkuan Bunda. Dengan cara ini, Bunda tak perlu lagi mencondongkan tubuh ke depan untuk menyusui dan dapat menyandarkan punggung ke sandaran kursi.

Melansir Indian Express, beberapa tips berikut ini juga dapat dicoba untuk meredakan sakit punggung ibu menyusui:

1.Pilih posisi menyusui yang tepat

Posisi menyusui yang tepat berperan penting dalam mengatasi nyeri punggung. Ada berbagai macam posisi menyusui, mulai dari posisi berbaring miring hingga memeluk, dimana dapat dicoba untuk melihat apakah Bunda dan bayi merasa nyaman. Bunda juga dapat mengubah posisi menyusui untuk mengistirahatkan otot. Serta, hindari terlalu condong ke depan saat menyusui.

2. Pilih kursi dengan hati-hati

Para ahli menyarankan agar busui harus memilih kursi yang kokoh dimana mereka dapat duduk dengan tegak daripada kursi yang empuk atau sofa empuk dimana dapat menyebabkan sakit punggung lebih parah.

Untuk melihat tips lainnya, simak di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk 5 alternatif posisi menyusui yang bisa dicoba di rumah, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner menyusui



(rap/rap)
6 Tips Ampuh Meredakan Sakit Punggung Busui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi