sign up SIGN UP search


menyusui

3 Tips Pilih Pompa ASI Sesuai Bujet dan Kebutuhan Bunda

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 22 Dec 2020 18:15 WIB
Medical electric breast pump to increase milk supply for breastfeeding mother and children's clothing caption

Jakarta - Memilih pompa ASI bagi ibu menyusui bukanlah perkara mudah. Seringkali para ibu menyusui menemukan kesulitan menemukan pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginannya.

Bagi Bunda yang dapat menyusui langsung, keberadaan pompa ASI mungkin hanya sesekali diperlukan ketika Bunda bepergian. Tetapi, bagi ibu menyusui yang bekerja, pompa ASI merupakan senjata andalan untuk memberikan asupan terbaik bagi buah hatinya.

Permasalahannya, memilih pompa ASI yang tepat sesuai kebutuhan dan juga model yang diinginkan tidaklah mudah. Adakalanya, banyak ibu menyusui membeli lebih dari satu pompa ASI karena tak menemukan 'chemistry' dengan alat tersebut saat digunakan.


"Saat hamil, memilih pompa ASI mungkin tidak ada dalam daftar tugas utama para ibu. Dan itu baik-baik saja. Tentu saja, mempersiapkan diri itu penting dan merupakan ide yang baik membiasakan diri dengan pompa ASI yang ada untuk mengetahui kebutuhan diri sendiri,"ujar Nania Scharer Hernandez, Direktur Departemen Pendidikan Global di Medela, seperti dikutip dari laman Medela.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa setiap ibu dan bayi memiliki kebutuhan yang berbeda, dan kebutuhan ini dapat berubah selama perjalanan menyusui dan juga perasaan ibu. Jadi, mulailah melihat berbagai pompa ASI yang ada di pasaran lalu mempelajarinya lebih dalam sehingga menemukan pompa ASI mana yang cocok untuk setiap ibu.

Berbicara mengenai pompa ASI, tips memilih pompa ASI yang terbaik dapat didasarkan tiga pilihan utama. Bunda pun perlu memahami hal ini agar dapat membantu Bunda dalam memutuskan apa yang Bunda inginkan serta butuhkan dari pompa ASI.

Salah satunya ialah memikirkan jenis pompa ASI yang akan Bunda beli. Apakah jenis yang akan Bunda pilih manual atau pompa ASI listrik. Perlu Bunda tahu bahwa pompa ASI manual biasanya lebih murah daripada model listrik. Sementara pada model listrik, pompa ASI-nya tidak berisik dan praktis untuk memerah ASI.

Simak tips memilih pompa ASI sesuai budget dan kebutuhan di halaman selanjutnya.

Jangan lewatkan juga cara memeras ASI menggunakan tangan seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner YouTube Sacha
Tips Memilih Pompa ASI Sesuai Bujet dan Kebutuhan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi