sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Tidak Boleh Makan Pedas, Mitos atau Fakta?

Erni Meilina Jumat, 08 Jan 2021 11:31 WIB
Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Menyusui
Mother breastfeeding her baby boy in arms, sitting on bed. caption

Sebenarnya ada enggak sih makanan yang harus dihindari selama menyusui? Banyak orang, memberi tahu bahwa Bunda yang sedang menyusui perlu menghindari makanan seperti brokoli, tomat, dan kimchi. Terlepas dari cerita orang zaman dahulu, hanya ada sedikit makanan yang benar-benar perlu Bunda hindari kecuali Bunda pernah mengalami masalah sebelumnya, seperti adanya alergi terhadap suatu makanan.

Sebuah studi dari sumber terpercaya 2019 menemukan bahwa Ibu yang menyusui tidak perlu membatasi makanan mereka, karena informasi yang salah tentang risiko atau manfaat bagi si kecil. Realitas yang disayangkan adalah hal ini dapat menurunkan durasi menyusui dan bisa menyebabkan Bunda menjadi stres.

Kenyataannya adalah bahwa kebanyakan orang dapat dengan aman makan makanan apapun seperti biasanya selama menyusui tanpa efek buruk. Makanan atau hal yang dihindari untuk dikonsumsi oleh Bunda saat sedang menyusui adalah makanan yang tidak aman, seperti ikan yang mengandung merkuri tinggi, alkohol, kelebihan kafein, suplemen herbal kecuali jika diizinkan oleh dokter Bunda.


Dokter yang menangani Bunda mungkin juga menyarankan untuk memeriksa berat badan Bunda jikalau si kecil menunjukkan tanda-tanda alergi atau sensitivitas makanan. Jika si kecil mengalami gejala alergi terhadap suatu makanan, Bunda jangan ragu dan jangan menunda untuk menghubungi dokter anak ya agar dapat ditangani secara tepat oleh dokter.

Penting untuk diketahui bahwa, secara umum, bukti menunjukkan bahwa menyusui bermanfaat untuk melindungi bayi dari alergi makanan. Jadi, Bunda tidak boleh menghilangkan makanan tanpa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter ya.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi