sign up SIGN UP search


menyusui

6 Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui, Cek di Sini Bunda

Erni Meilina Sabtu, 23 Jan 2021 19:39 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption

ASI eksklusif diberikan kepada Si Kecil selama enam bulan pertama. Agar kualitas ASI menjadi maksimal, Bunda perlu menjaga pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah dengan makanan yang penuh nutrisi baik.

Inilah sebabnya mengapa makan berbagai makanan padat nutrisi dan utuh sangat penting untuk kesehatan Bunda menyusui. Melansir dari Parents, ini dia makanan terbaik untuk ibu menyusui.

1. Alpukat

Alpukat adalah sumber nutrisi bagi Bunda yang menyusui. Keluhan umum Bunda saat menyusui adalah bahwa mereka seringkali sangat lapar karena meningkatnya kebutuhan kalori untuk menyusui dan hanya memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan makanan.


Alpukat bisa memenuhi kebutuhan kalori dan menutup rasa lapar akibat menyusui. Sebab, alpukat mengandung hampir 80 persen lemak, sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E.

2. Kacang

Sumber nutrisi lain untuk ibu menyusui yaitu kacang-kacangan yang kaya akan zat besi, kalsium, zinc, serta vitamin K dan B. Kacang-kacangan juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. Di luar susunan nutrisinya yang fenomenal, kacang-kacangan juga dianggap sebagai makanan laktogenik di banyak belahan dunia.

Asian mother holding a 1.5-month-old child, leaning over her shoulderIlustrasi Ibu Menyusui/ Foto: iStock

3. Jamur

Jamur biasanya tidak dianggap sebagai makanan laktogenik, tetapi jenis jamur tertentu merupakan sumber beta-glukan yang baik. Coba cicipi jamur macam reishi, shiitake, maitake, shimeji, dan tiram ya, Bun untuk menghasilkan nutrisi baik saat menyusui. 

Untuk mengetahui lebih lanjut jenis makanan yang baik dikonsumsi selama menyusui, lihat di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bun!

Simak juga sembilan perlengkapan wajib untuk ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Fanny Fabriana Sekeluarga Terkena Covid-19



Banyak makan sayuran hijau
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi