sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Sukses Menyusui Bagi Ibu dengan Diabetes

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 10 Feb 2021 10:16 WIB
Tips lancar menyusui bagi ibu dengan diabetes
Ibu menyusui caption

Tips lancar menyusui bagi ibu dengan diabetes

Setelah bayi lahir, jangan heran jika ASI belum keluar. Konsultan laktasi, Melissa Kotlen, mengatakan bahwa pengidap diabetes dapat menunda produksi ASI-nya.

Sebelum memberikan ASI eksklusif pada buah hati, sebaiknya Bunda konsultasi pada dokter ya. Bunda mungkin perlu mendiskusikan kondisi kesehatan dan makanan pendamping untuk bayi menyusu.

"Diskusikan tentang pengenalan makanan padat pada dokter anak di beberapa bulan pertama usia bayi. Ceritakan juga jenis diabetes yang diidap, seberapa banyak bayi menyusu, kapan dia bisa konsumsi makanan padat, dan makanan apa saja yang berisiko pada bayi," ujar Kotlen, dikutip dari Very Well Family.


Agar menyusui berjalan lancar, simak 7 tips menyusui pada ibu dengan diabetes berikut:

1. Pantau kadar glukosa dalam darah dengan sangat hati-hati saat menyusui. Ingatlah bahwa kadar ini bisa bervariasi selama menyusui.

2. Hindari tanaman obat, seperti feugrees yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

3. Siapkan camilan untuk diri sendiri sebelum menyusui si kecil. Pastikan camilan ini mengandung cukup protein dan karbohidrat.

4. Tetap stimulasi payudara untuk memicu tubuh bekerja dan memproduksi ASI. Jika bayi jarang menyusu, coba pompa payudara di antara sesi menyusui.

5. Lakuka skin to skin antara ibu dan bayi untuk merangsang produksi ASI.

6. Ibu dengan diabetes mudah mengalami mastitis. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan bahwa bayi menyusu ke puting dengan benar dan setiap ASI berlebih dapat dikeluarkan dan disimpan.

7. Hindari stres dan konsumsi makanan bergizi selama menyusui. Lengkapi pemenuhan nutrisi dengan konsumsi suplemen kalsium, terutama di fase awal pertumbuhan bayi.

(ank/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!