sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Kini Boleh Disuntik Vaksin COVID-19, Ini Syaratnya Bun

Annisa Karnesyia Jumat, 12 Feb 2021 19:18 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption
Jakarta -

Pemerintah Indonesia mulai melaksanakan program vaksinasi COVID-19 pada masyarakat. Baru-baru ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan surat edaran dengan Nomor HK.02.02/11/368/2021 mengenai pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Surat edaran ini berisi tentang petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk kelompok lansia, komorbid, ibu menyusui, dan penyintas COVID-19, Bunda. Salah satu poin yang dituangkan adalah ibu menyusui kini diperbolehkan mendapatkan vaksin COVID-19.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, membenarkan berita ini. Menurutnya, baik petunjuk teknis terbaru atau lama masih berlaku.


"Betul (petunjuk teknis yang baru) ditambah hal yang kemarin tentunya masih berlaku," kata Siti Nadia, dikutip dari detikcom.

Dalam surat edaran terbaru, dijelaskan bahwa vaksinasi bisa diberikan pada kelompok lansia usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas COVID-19, dan ibu menyusui dengan terlebih dahulu melakukan anamnesa atau pemeriksaan tambahan.

"Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi COVID-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas COVID-19 dan ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan sebagaimana form skrining terlampir," demikian isi salah satu surat edaran tersebut.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah akan menggunakan vaksin Sinovac untuk vaksinasi. Siti Nadia mengatakan, vaksin Sinovac telah terbukti keamanannya dan bisa diberikan pada kelompok lansia, komorbid, dan ibu menyusui.

Sebelumnya, pemberian vaksin COVID-19 di Indonesia memang dibatasi. Keamanan vaksin terus diuji, terutama pada kelompok-kelompok yang rentan, Bunda.

Akhirnya, petunjuk teknis pemberian vaksin COVID-19 pada ibu menyusui telah dikeluarkan pemerintah. Seperti apa isinya dan bagaimana pemberian dosisnya? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga upaya pencegahan penyakit menular dengan vaksin, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner poligami
PETUNJUK TEKNIS VAKSINASI COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi