sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tantangan Menyusui yang Paling Sering Dialami Busui beserta Solusinya

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 24 Nov 2021 20:37 WIB
ilustrasi menyusui Ilustrasi ibu menyusui/Foto: iStock

Jakarta - Baik sudah berpengalaman maupun belum, setiap Bunda pastinya menemukan beragam tantangan saat menjalani proses menyusui Si Kecil. Adanya masalah saat menyusui biasa terjadi kok Bunda, terutama di masa awal menyusui

Menurut Pat Sterner, seorang konsultan laktasi di Mount Sinai Medical Center di New York, Bunda memang perlu menyelaraskan tubuh dalam berbagai teknik dan gaya dengan tubuh bayi agar posisi menyusui terasa pas.

"Menyusui harus menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi ibu dan bayi. Jika tidak, penting untuk mengidentifikasi masalah sejak dini dan membuat perubahan apa pun yang diperlukan," ujar Sterner seperti dikutip dari laman WebMd.


Sterner menyebut ada banyak masalah menyusui yang umum terjadi. Beberapa di antaranya mencakup puting sakit, pelekatan yang kurang sempurna, hingga infeksi.

"Banyak ibu menyadari bahwa puting mereka tidak hanya terasa sakit setelah setiap kali menyusui, tetapi juga memerah," kata Sterner.

Pelekatan sedianya memang menjadi cara agar mulut bayi terhubung ke payudara dengan tepat. Bila dilakukan dengan benar, bayi akan membuka mulutnya sangat lebar dan mengambil banyak jaringan payudara. Ini artinya. puting berada jauh di belakang mulut bayi tempat langit-langit keras dan lunak bertemu.

Ketika puting berada tepat di bagian belakang, tidak ada yang terjepit sehingga tidak menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada puting.

Solusinya, masukkan jari Bunda ke sudut mulut bayi untuk membuka pelekatan segera setelah merasakan sakit lalu coba pelekatan kembali. Idealnya, bayi harus memasukkan setidaknya 1 inci areola ke mulut.

Banner pola makan rumahanBanner pola makan rumahan/ Foto: HaiBunda/Mia

Melansir Lactation Network, ada banyak masalah menyusui yang paling umum terjadi. Namun berikut ini yang paling sering dialami ibu menyusui. 

1. Suplai ASI rendah

Masalah semacam ini biasanya berasal dari aktivitas menyusui yang jarang atau tidak efektif dalam dua minggu pertama setelah melahirkan. Jika tujuan Bunda menghasilkan cukup ASI agar sukses menyusui, apa yang Bunda lakukan pada dua minggu pertama sangat penting untuk keberhasilan laktasi.

Mulailah menyusui lebih awal, dalam waktu 1 jam setelah melahirkan jika memungkinkan. Jika ada alasan di luar kendali Bunda yang dapat mencegahnya, pastikan untuk berkomunikasi dengan dokter atau konsultan laktasi untuk mendapatkan rencana menyusui yang baik.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk video tentang 3 dampak bingung puting pada Si Kecil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



7 MASALAH MENYUSUI YANG PALING UMUM DIALAMI PARA BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!