sign up SIGN UP search


menyusui

5 Makanan Pelancar ASI yang Patut Dicoba Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 15 Feb 2021 20:37 WIB
Ilustrasi menyusui caption

Sebagai seorang ibu menyusui, kekhawatiran akan suplai ASI memang hal yang normal. Sebab, seringkali pasokan ASI minim dan membuat proses menyusui tidak maksimal.

Permasalahan ini mungkin menjadi keluhan umum para busui ya, Bunda. Adakalanya, produksi ASI atas berbagai alasan menjadi minim sementara kebutuhan ASI si kecil terus berjalan.

Stres pun seringkali sulit dihindari ketika ibu menyusui menghadapi kendala ini. Sehingga, berbagai cara dilakukan guna mengejar pasokan ASI melimpah kembali seperti sediakala.


Salah satu yang bisa Bunda lakukan yakni dengan mengonsumsi makanan pelancar ASI yang dipercaya dapat membantu meningkatkan pasokan ASI yang tersendat. 

"Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa manakan apa pun dapat meningkatkan suplai ASI. Namun, jika Bunda ingin mencobanya dan melihat hasilnya, tentu tidak ada salahnya," ucap Ginger Carney, IBCLC, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Parents.

Carney menambahkan, tak ada salahnya juga berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apa pun dan senantiasa memeriksa makanan dan asupan yang akan dikonsumsi selama masa menyusui.

Sejauh ini, ramuan yang sangat umum digunakan dalam suplemen menyusui yakni fenugreek. Carney menjelaskan bahwa fenugreek dapat merangsang produksi keringat dan karena payudara adalah kelenjar keringat yang dimodifikasi, saluran susu, dan pengeluaran susu juga ikut dirangsang. 

Kebanyakan, ibu menyusui yang mengonsumsi fenugreek melaporkan adanya peningkatan produksi susu dalam waktu 24 hingga 72 jam setelah mulai mengonsumsinya secara rutin. Dan, Bunda pun tidak ada salahnya mencoba mengonsumsinya baik dalam bentuk teh ataupun bentuk lainnya. Selain menyehatkan dan juga aman, fenugreek memang dipercaya banyak ibu menyusui dapat membantu melancarkan produksi ASI selama masa menyusui. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga Bunda resep smoothies enak untuk memperlancar produksi ASI dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tanaman Hias AlokasiaBanner Tanaman Hias Alokasia/ Foto: Mia Kurnia Sari
MAKANAN PELANCAR ASI YANG BISA DICOBA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi