sign up SIGN UP search


menyusui

Bun, Daun Bangun-Bangun Bisa Jadi ASI Booster Alami!

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 21 Feb 2021 09:02 WIB
Ilustrasi menyusui caption

Permasalahan ASI tersendat ataupun kurang lancar menjadi kendala umum para ibu menyusui. Untuk mengatasinya, mengonsumsi minuman pelancar ASI atau ASI booster dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan.

Berbagai minuman pelancar ASI atau ASI booster mulai dari teh herbal sampai fenugreek, banyak digunakan para ibu menyusui untuk mengupayakan ASI mereka agar lebih lancar. Hal itu pun diakui banyak busui sangat efektif meningkatkan produksi ASI-nya.

Di luar teh herbal dan fenugreek, nama daun bangun-bangun juga menjadi salah satu tanaman yang dipercaya dapat diandalkan sebagai ASI booster meningkatkan produksi ASI ibu menyusui.


Melansir laman Repositoryipb, daun bangun-bangun diketahui memiliki batang lunak, daun berbulu bulat telur, dan aroma yang khas. Dalam sebuah penelitian di Desa Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat, daun bangun-bangun digunakan sebagai pakan hewan mamalia untuk meningkatkan produksi ASI.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tepung daun bangun-bangun tidak berpengaruh nyata terhadap hasil susu induk hewan, baik dengan asupan pakan maupun konversi pakan. 

Meskipun secara statistik tidak ada pengaruh yang nyata, produksi susu menunjukkan perbedaan rendemen susu yang ditambahkan tepung daun bangun-bangun dibandingkan dengan pakan kontrol.

Banner Resep Telur

Di Indonesia sendiri, daun bangun-bangun tersebar luas khususnya di Sumut. Daun bangun-bangun pun banyak dikonsumsi masyarakat untuk pengobatan dan juga suplemen makanan, termasuk sebagai ASI booster bagi para ibu menyusui.

"Bunda di Sumut wajib mengonsumsi daun ini hingga 30 hari. Biasanya, daun ini dimasak sebagai sup untuk merangsang ASI. Menurut penelitian, daun ini lebih efektif dibanding lactogogue," ujar dr Iwan Sahrian, seperti dikutip dari laman Newsunair.

Klik di halaman selanjutnya untuk informasi lebih lengkapnya ya, Bunda. 

Cek video berikut untuk inspirasi resep ASI booster alami lain:

[Gambas:Video Haibunda]



KHASIAT DAUN BANGUN-BANGUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi