sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, 4 Rekomendasi Minuman Pelancar ASI

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 19 Feb 2021 11:03 WIB
Ilustrasi ibu menggendong bayi caption

Asupan dengan gizi seimbang sangat penting dipenuhi selama masa menyusui. Tidak saja untuk menjaga kesehatan ibu menyusui dan bayi tetapi juga membuat produksi ASI tetap lancar.

Selain makanan yang sehat, Bunda sedianya juga perlu memenuhi asupan harian dengan minuman yang sehat saat menyusui. Minuman ini tidak saja membuat Bunda tetap terhidrasi tetapi juga membantu melancarkan ASI.

Selama menyusui, rasa haus memang akan terasa lebih ekstra sepanjang hari. Dan, bosan ataupun tidak, Bunda harus memenuhi kebutuhan air dengan cukup setiap harinya untuk menghindari dehidrasi.


Pentingnya cairan bagi tubuh selama menyusui memang sangat vital ya, Bunda. Selain dehidrasi, pasokan ASI juga dapat terhambat jika Bunda kekurangan cairan. Jadi, jika menginginkan proses menyusui yang lancar, jangan lupakan untuk mengonsumsi cairan dengan cukup ya, Bunda.

Melansir Care, salah satu minuman pelancar ASI yang dapat dikonsumsi busui yakni teh menyusui. Ada berbagai teh menyusui yang tersedia di pasaran dan dapat Bunda pilih sesuai selera. Selain menyehatkan, teh ini juga dapat menjadi minuman pelancar ASI lho, Bunda.

Banner Nia Ramadhani

Sasha Watkins, seorang ahli gizi mengatakan bahwa ibu menyusui memang perlu minum banyak cairan saat menyusui agar tetap terhidrasi. Seorang ibu menyusui mungkin membutuhkan hingga 700 ml cairan ekstra per hari, seperti dikutip dari laman Loveourlittles.

"Pilihan minuman yang baik saat menyusui ialah air putih, susu, atau jus buah tanpa pemanis," ujar Watkins merekomendasikan.

Selain minuman di atas, beberapa minuman pelancar ASI lainnya juga penting Bunda penuhi, seperti berikut ini:

1. Jus sayuran

Jus sayuran merupakan ide minuman selama menyusui yang paling sehat dan bergizi. Bunda dapat mencobanya dalam variasi sayur yang berbeda sesuai dengan selera masing-masing.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga resep smoothies untuk melancarkan ASI dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

JUS BUAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi