sign up SIGN UP search


menyusui

4 Tips Sukses Menyapih Anak Tanpa Bikin Bunda Baper

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 18 Apr 2021 08:02 WIB
Motherhood Exhaustion Concept. Tired young mom breastfeeding baby and working on laptop at home, feeling frustrated, free space caption

Menyapih anak menjadi salah satu bagian dari proses menyusui yang tak mudah dilewati bagi Bunda. Selama dua tahun menyusui, ada keterikatan batin dan emosi antara Bunda dan anak. 

Ketika fase menyapih tiba, tak jarang Bunda pun jadi baper alias bawa perasaan nih. Ada perasaan bersalah, hingga merasa anak tidak lagi bergantung pada Bunda pun ikut membuat Bunda jadi sedih.

Perasaan baper ini seringkali membuat para Bunda galau untuk menyapih buah hati. Tenang, Bunda enggak sendiri kok dalam hal ini. Terutama ketika Si Kecil masih ingin terus menyusu dan Bunda jadi tidak tega untuk melepaskan kebiasaan tersebut.


Gadis Aceh dinikahi Polisi Turki

Memang, banyak Bunda yang dengan senang hati menyusui lebih dari dua tahun. Dan, tak sedikit pula yang berhenti lebih cepat karena berbagai alasan. Tetapi perlu diingat ya, Bunda, bahwa apa pun yang Bunda putuskan untuk dilakukan pastikan tidak salah langkah. 

Menyoal cara menyapih anak, semua ahli setuju bahwa menyapih anak sebaiknya dilakukan secara bertahap. Bunda pun diharapkan tidak menyapih anak secara dadakan, terutama bagi Bunda yang menyusui berkali-kali dalam sehari.

Cara ini akan membuat Si Kecil lebih mudah berpisah dengan kebiasaan menyusu pada payudara Bundanya. Serta meminimalisir ketidaknyamanan pada payudara, seperti pembengkakan, atau bahkan mastitis, seperti dikutip dari laman NYtimes.

"Jika Bunda memilih untuk mulai menyapih, mulai lah dengan menghilangkan sesi menyusui secara perlahan. Dengan begitu, Bunda dapat mengurangi risiko pembengkakan yang menyakitkan di mana dapat menyebabkan saluran tersumbat atau mastitis," ujar Dr Anne Eglash, MD, seorang dokter dan konsultan laktasi di Madison.

Bunda dapat mengurangi sesi menyusui secara bertahap setiap harinya. Eglash pun menyarankan untuk mengurangi sesi menyusui di sore hari karena di saat itulah Bunda cenderung memproduksi lebih sedikit ASI.

Setelah beberapa hari, di mana kondisi payudara sudah bisa menyesuaikan dengan baik, Bunda dapat menghentikan aktivitas menyusui setiap hari. Bunda pun dapat mengurangi jadwal menyusui di pagi dan malam hari, dan terus menghentikan sesi menyusui hingga si kecil benar-benar disapih.

Apa selanjutnya yang harus dilakukan? Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda juga bisa melihat cara Bunda seleb menyapih di dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA CEPAT MENYAPIH YANG BUNDA PERLU TAHU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi