sign up SIGN UP search


menyusui

3 Cara Menyapih Anak Anti Gagal, Intip Triknya di Sini Bunda!

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 25 Mar 2021 18:36 WIB
Cropped shot of an attractive young woman carrying her sleeping daughter through the living room on Christmas morning caption

Rencana menyapih anak seringkali gagal karena melihat tangisan Si Kecil yang meronta-ronta. Bunda tak sampai hati melihatnya, alhasil menyapih pun lagi-lagi sekadar wacana. 

Merencanakan agenda menyapih memang tidak mudah diwujudkan. Berbagai kendala kerap menghampiri meski niat sudah bulat. Hal tersering yang menjadi alasan kegagalan menyapih anak biasanya para Bunda tidak tega melihat buah hatinya menangis hingga payudara Bunda yang nyeri dan membengkak karena beradaptasi dengan proses penyapihan.

Ya, menyapih merupakan tahapan alami dalam perkembangan bayi Bunda. Ini merupakan proses bertahap memberikan bayi makanan lain selain ASI. Proses ini pun begitu menguras energi dan emosi yang membuat psikis para Bunda kerap tidak stabil. 


Tetapi, di satu sisi tentunya Bunda akan merasakan kesenangan karena Si Kecil memasuki fase kemandirian baru dengan tidak lagi menyusu dalam hidupnya. Tentu saja ini proses yang membahagiakan sekaligus haru ya Bunda karena bayi Bunda berpindah ke tahap lain dalam hidupnya, seperti dikutip dari laman Caringforkids.

Bunda dapat mulai menyapih secara alami ketika bayi mulai menerima lebih banyak makanan padat sambil tetap menyusu sesuai permintaan. Dengan jenis penyapihan ini, Bunda dapat memperhatikan isyarat bayi dan menyapih dengan kecepatannya. Apalagi, bayi yang disapih secara alami biasanya berhenti menyusui sepenuhnya antara usia 2 dan 4 tahun.

Banner Tanaman Hias untuk Bisnis Rumahan

Melansir Todaysparent, Jeffrey Bourne, dokter anak di Providence Saint John Health Center di Santa Monica California, mengatakan bahwa dalam menyapih sebaiknya Bunda mengikuti isyarat bayi seperti jika dia tidak ingin lagi menyusui dan mendorong payudara menjauh.

"Ada dua cara untuk melakukan penyapihan ya, Bunda. Yakni penyapihan karena diinginkan oleh bayi dan penyapihan oleh Bunda. Penyapihan karena keinginan bayi tentunya mereka tak ingin lagi menyusu karena keinginannya. Sementara menyapih karena kebutuhan Bunda yakni biasanya dikarenakan Bunda berhenti menyusui disebabkan pasokan ASI berkurang, kembali bekerja, dan alasan lainnya," ujarnya.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak kisah para seleb dalam proses menyapih anaknya di video berikut yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

3 CARA MENYAPIH ANAK ANTI GAGAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi