sign up SIGN UP search


menyusui

Daya Tahan ASI Perah Berdasarkan Tempat Penyimpanannya

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 24 Apr 2021 11:22 WIB
Baby bottle with breast pump attachement and empty bottle against a wood background caption

Jakarta - Penyimpanan yang benar sangat berpengaruh pada daya tahan ASI perah secara keseluruhan, baik kualitas maupun rasa dan aromanya. Jadi, pastikan Bunda sudah menyimpan ASI perah dengan benar untuk tetap menjaga kualitasnya.

Bagi Bunda yang bekerja, memerah ASI menjadi sebuah rutinitas yang berharga. Di tengah kesibukan yang begitu padat, memompa ASI tetap dilakukan demi memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Namun sayangnya setelah memompa ASI, sebagian Bunda tidak melakukan penyimpanan dengan semestinya. Sehingga, daya tahan ASI pun jadi kurang maksimal. Ini tentu saja disayangkan ya, Bunda. Sebab, kualitas ASI yang Bunda berikan kepada si kecil tentunya jadi kurang maksimal juga.


"Sangat penting untuk menyimpan dan menggunakannya dengan benar agar menghindari kontaminasi atau pembusukan," ujar Carrie Pawlowski, RN, konsultan laktasi di Michigan Medicine, seperti dikutip dari laman Uofmhealth.

Banner tanaman hias pembawa hoki.Banner tanaman hias pembawa hoki./ Foto: Mia Kurnia Sari

Pawlowski mengatakan, daya tahan ASI bertahan aman 6 sampai 8 jam di suhu kamar hingga 77 derajat. Namun, perlu diingat bahwa hal paling aman dilakukan yakni segera mendinginkan susu usai Bunda memompanya. Jika tidak bisa, usahakan agar wadah tetap dingin dengan menutupnya menggunakan handuk dingin atau bantuan ice cooler.

Saat menyimpan ASIP di lemari es, sebaiknya selalu berupaya untuk mempertahankan suhu pada 39 derajat dan meletakkan botol di bagian belakang agar tetap menjaganya sedingin mungkin. 

Ingat ya, Bunda, bayi yang sehat dan cukup bulan harus menggunakan susu yang didinginkan dalam lima hari. Sementara untuk bayi prematur atau bayi yang dirawat di rumah sakit harus mengonsumsinya dalam waktu 48 jam.

Melansir Very Wel Family, daya tahan ASI yang baru dipompa dapat bertahan sekira 4 jam ya, Bunda. Sementara ASI beku yang dicairkan di lemari es tetapi belum dihangatkan dapat bertahan hingga 4 jam. Dan, ASI yang sebelumnya disimpan di lemari es juga dapat bertahan selama 4 jam.

Informasi lebih lengkap bisa di baca dengan klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga cara Nadya Mulya sukses ASI eksklusif sambil aktif kerja dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



Pentingnya Menjaga Daya Tahan ASI Agar Tetap Berkualitas
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi