sign up SIGN UP search


menyusui

ASIP dI Freezer Berubah Rasa dan Aroma? Ternyata Bukan Basi Lho Bun

Melly Febrida Selasa, 20 Apr 2021 08:11 WIB
woman pouring milk in to bottles for new baby on wooden table caption

Jakarta - Bunda menyimpan stok ASI perah (ASIP)? Bagi Bunda yang bekerja, menyimpan stok ASIP di freezer menjadi solusi supaya si Kecil bisa tetap minum ASI meski ditinggal ke kantor. Tapi, bagaimana kalau rasa dan aromanya berubah?

Dr Jack Newman, dokter spesialis anak dalam The Ultimate Breastfeeding Book of Answer menjelaskan, banyak Bunda menyusui yang akan kembali bekerja mulai memompa ASI beberapa bulan sebelum cuti melahirkan selesai. 


"Mereka menyimpan ASI di freezer, dan persediaan tambahan ini memberi keyakinan bahwa jika mereka tidak dapat terus memompa ASI begitu kembali bekerja, akan tersedia ASI untuk bayinya," kata Newman.

Tapi, ada juga yang hanya menyimpan ASIP beberapa botol saja, dan setiap hari memompa ASI untuk keperluan bayinya selama bekerja.


Banner Pernikahan Putri Nabi MuhammadBanner Pernikahan Putri Nabi Muhammad/ Foto: HaiBunda

Kalau bertanya mana cara terbaik, kata Newman, semua bergantung kepada keadaan kerja Bunda.

Ketika menyimpan ASI, banyak Bunda merasa ASI miliknya berbau aneh dan rasanya tidak enak meski disimpan di freezer. Menurutnya, ASIP ini bukan bau karena basi, tapi diperkirakan ada banyak enzim lipase dalam ASI

"Lipase adalah enzim yang menguraikan lemak, dalam kasus ini lipase dengan cepat menguraikan lemak dalam ASI. Hasil penguraianlah yang terasa tidak enak oleh orang dewasa, tapi tidak berbahaya bagi bayi. Sama saja seperti minum ASI yang setengah tercerna," ujarnya,

Biasanya Bunda menyusui ini khawatir jika harus membuang semua ASIP yang sudah disimpan hati-hati. Sebenarnya, ASIP ini bisa diberikan kalau bayinya mau atau dicampurkan ke makanan padat untuk menyamarkan rasa.

"Jika Anda khawatir ASI Anda basi, Anda dapat menguji kandungan bakteri di dalamnya. Namun, hal ini jarang sekali terjadi," katanya.

Untuk banyaknya ASIP yang disimpan di freezer, dokter spesialis anak, Micah Resnick, M.D., F.A.A.P., menyarankan lebih baik mengisi per wadah ASIP dalam porsi kecil, yakni 2 sampai 4 ons atau 59,1 hingga 118,2 mililiter supaya enggak terbuang jika tersisa, Bunda.

"Untuk mencegah ASI terbuang percuma, direkomendasikan simpan dalam jumlah kecil;  2 hingga 4 ons (59,1 hingga 118,2 mililiter). ASI yang tersisa di dalam botol setelah bayi selesai menyusu harus digunakan dalam waktu dua jam," jelas Resnick dikutip What to Expect.

Nah, simak juga yuk cara memilih botol pumping yang terbaik seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGETAHUI ASI PERAH BASI DAN TAK BOLEH DIBERIKAN EK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi