sign up SIGN UP search


menyusui

4 Langkah Menyapih Si Kecil, Perhatikan Waktunya Juga Bun

Meita Fajriana Rabu, 26 May 2021 10:06 WIB
Cropped shot of an attractive young woman carrying her sleeping daughter through the living room on Christmas morning caption

Jakarta - Proses menyusui menjadi tantangan yang mengejutkan untuk para Bunda. Bahkan di akhir masa menyusui pun, proses menyapih membutuhkan kesabaran untuk membuat Si Kecil mau berhenti 'nenen' ya, Bunda. 

Mengajarkan anak untuk berhenti menyusu memang bukanlah perkara mudah. Butuh waktu untuk latihan dan memberi pengertian dalam bahasa yang sesederhana mungkin untuk Si Kecil. 

Nah, tahukah Bunda sebenarnya proses mengurangi menyusui sudah dimulai dari saat bayi diperkenalkan dengan makanan lainnya selain ASI. Seperti susu formula atau makanan pendamping ASI (MPASI). Sehingga tidak ada waktu ideal untuk menyapih Si Kecil Bunda. Semua bergantung pada gaya hidup dan pilihan Bunda.


Melansir dari laman KellyMom, saat bayi sudah mulai diberikan MPASI Bunda sudah memulai proses menyapih. Proses ini memang harus dilakukan secara bertahap dan perlahan, hingga nanti berhasil untuk Si Kecil benar-benar berhenti menyusui pada waktu yang tepat menurut Bunda. 

Ada beberapa hal yang bisa Bunda pertimbangkan ketika akan menyapih Si Kecil. Lakukan dengan cinta ya Bunda, agar anak berhasil mengerti dan lebih tenang. Karena kita tidak bisa menduga bagaimana reaksi anak ketika disapih Bunda. Jadi ciptakan suasana yang tenang untuknya. 

Usahakan untuk tidak menyapih Si Kecil pada saat kondisi sedang mengalami masa perubahan yang signifikan. Seperti akan pindahan rumah, mulai menitipkan anak di daycare, atau saat Si Kecil baru belajar berjalan. Hal ini akan mempengaruhi suasana hati Si Kecil Bunda. 

"Jika kamu memiliki tipe anak yang mengikuti arus dan menangani perubahan dengan baik, maka liburan mungkin saat yang tepat untuk menyapih. Tetapi jika sebaliknya, yang terbaik adalah menyapih ketika segala sesuatunya cukup stabil dalam hidup mereka," kata Claire Lerner, LCSW direktur sumber daya parenting di Zero to Three, di Washington, D.C. dikutip dari laman Parents, Minggu (23/5). 

Simak juga yuk perjuangan Marissa Nasution menyusui anak pertamanya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

LANGKAH-LANGKAH SUKSES MENYAPIH SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi