sign up SIGN UP search


menyusui

Heboh ASI Ratu Rizky Nabila Dihina Beracun, Ini Fakta Menakjubkan Menyusui

Meita Fajriana Selasa, 25 May 2021 11:56 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Baru-baru ini terjadi kisruh Ratu Rizky Nabila dengan sang mantan suami Alfath Fathier serta istri barunya yang mengatai ASI milik dirinya beracun. Sontak hal ini menggelitik telinga para Bunda menyusui. Bagaimana tidak karena ASI memiliki manfaat yang menakjubkan bahkan proses menyusui membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. 

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan paling ideal bagi bayi baru lahir. Kandungan ASI bahkan tidak bisa digantikan oleh susu formula manapun. Tidak heran ASI yang secara natural diberikan kepada Bunda merupakan sebuah hal menakjubkan karena dapat memenuhi nilai gizi bayi sesuai kebutuhannya. 

Melansir dari laman Verry Well Family, ASI direkomendasikan oleh semua organisasi kesehatan dunia sebagai makanan paling ideal untuk bayi terutama di enam bulan pertamanya, dan dapat dilanjutkan hingga dua tahun dengan didampingi tambahan makanan padat. Lantas apa saja komposisi ASI sehingga sangat direkomendasikan dan bernilai tinggi? 


ASI terdiri dari ratusan molekul bioaktif yang berbeda, beberapa di antaranya belum sepenuhnya dipahami oleh para ilmuwan. Meskipun susu formula juga memberikan nutrisi lengkap, namun tidak dapat sepenuhnya meniru manfaat kekebalan dari ASI, " kata Willow Jarosh, MS, RD, pakar nutrisi di New York.

Selain nutrisi kandungan dari ASI juga meliputi antibodi untuk bayi yang sangat dibutuhkan pada awal-awal kehidupannya. Bahkan menyusui langsung dengan memberikan ASI dari payudara dapat membangun hubungan antara bayi dan orangtua, sehingga membuat anak menjadi pribadi yang percaya diri dan cerdas secara emosi di masa depan. 

Banner Pria Yogyakarta MualafBanner Pria Yogyakarta Mualaf/ Foto: HaiBunda

Seperti dilansir dari laman Family and Co Nutrition, berdasarkan penelitian terbukti bahwa bayi yang diberikan ASI lebih cerdas dari yang tidak mengonsumsinya. Bayi juga dapat terhindar dari masalah pencernaan hingga penyakit berbahaya seperti obesitas dan diabetes tipe 2.

Ya, benar Bunda ASI adalah makanan menakjubkan untuk bayi. Memberikan ASI pada bayi dapat membuat tumbuh kembangnya optimal. Jika bisa memberikannya Bunda adalah ibu yang sangat beruntung. 

Berikut Bubun jabarkan apa saja komposisi dan nutrisi yang terkandung di dalam ASI Bunda. Bagi Bunda pejuang ASI, tetaplah berjuang demi Si buah hati, Bunda pasti bisa. 

Perkiraan komposisi ASI adalah 87 persen air, 7 persen laktosa, 4 persen lemak, dan 1 persen protein. Lemak dan laktosa yaitu sejenis karbohidrat atau gula yang menyediakan sebagian besar energi dalam ASI. Hal inilah yang dibutuhkan bayi. Selain itu, banyak molekul lain membuat ASI lebih dari sekadar nutrisi.

Informasi lebih lengkap baca di halaman berikut ya, Bunda!

Simak yuk penjelasan tempe bisa memperbanyak produksi ASI dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



KOMPOSISI DAN MANFAAT ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi