sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Menyusui Lebih Dari 1 Tahun Bisa Tingkatkan Fungsi Kognitif Anak Lho

Annisa Karnesyia Kamis, 13 May 2021 13:14 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Menyusui secara eksklusif memberikan segudang manfaat untuk bayi. Penelitian terbaru menemukan bahwa anak-anak yang menyusu memiliki skor neurokognitf yang tinggi, Bunda.

Neurokognitf merupakan fungsi kognitif yang terkait dengan saraf dan jaringan kortikal di otak. Gangguan neurokognitf dapat menyebabkan penurunan fungsi atensi dan memori.

Tim peneliti di Del Monte Institute for Neuroscience di University of Rochester Medical Center, menganalisis anak-anak usia 9 dan 10 tahun dengan tes kognitif. Penelitian kemudian membandingkan laporan ibu yang menyusui anaknya dan tidak menyusui anaknya sejak kecil.


Hasil penelitian menemukan bahwa menyusui dalam jangka waktu berapa pun memiliki dampak positif pada kognitif anak. Bahkan bila anak tersebut hanya disusui selama beberapa bulan, Bunda.

"Itulah yang menarik dari hasil temuan ini. Mudah-mudahan ini bisa membantu meningkatkan motivasi untuk menyusui," kata penulis studi Daniel Adan Lopez, kandidat doktor filsafat Epidemiologi, dilansir Pharmacy Times.

Penelitian mengevaluasi lebih dari 9.000 anak berusia 9 dan 10 tahun. Hasil penelitian menunjukkan variasi nilai tes kognitif kumulatif antara anak yang diberi ASI dan tidak.

Bukti ini menunjukkan bahwa semakin lama seseorang diberi ASI, semakin tinggi nilai tes kognitifnya. Tetapi, pada dasarnya semua anak yang diberi ASI akan mendapatkan nilai baik, Bunda.

"Hubungan terkuat ada pada anak-anak yang menyusu lebih dari 12 bulan. Skor mereka yang mendapatkan ASI sampai berusia 7 hingga 12 bulan mengalami penurunan, begitu pun pada bayi 1 bulan hingga 6 bulan," ujar Lopez.

"Tetapi semua nilai ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan anak-anak yang tidak menyusu sama sekali," sambungnya.

Studi ini membuktikan bahwa penting bagi Bunda menyusui bayi setelah lahir. Tim peneliti juga berharap hasil penelitian ini bisa mendukung program menyusui.

Baca halaman berikutnya untuk tahu manfaat lain dari menyusui untuk kecerdasan anak.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MANFAAT MENYUSUI MENURUT WHO
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi