sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui, Hindari Bra Berkawat Yuk Bun

Meita Fajriana Rabu, 09 Jun 2021 13:20 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Payudara mulai berubah perlahan selama hamil hingga saat-saat menyusui. Mulai dari aerola yang menghitam dan melebar hingga ukurannya jadi lebih besar dibanding sebelum hamil.

Aerola adalah puting dan area hitam yang mengelilinginya. Nah, saat hormon kehamilan sudah mulai menghasilkan ASI akan membuat ukuran payudara semakin membesar. Puncaknya pasca melahirkan, payudara Bunda akan semakin besar dan kencang karena penuh dengan ASI. 

Pada masa menyusui ini, Bunda perlu merawat payudara agar tetap sehat dan terhindar dari bengkak yang menyebabkan rasa sakit. Beberapa produk pumping biasanya memiliki fitur pijat elektrik sehingga menjadi treatment Bunda sebelum berjuang mengumpulkan ASI. Selain itu, Bunda juga bisa melakukan pijatan mandiri di rumah saat mandi. 


Nah Bunda, baik menyusui langsung dari payudara atau pumping, Bunda perlu melakukan perawatan ekstra untuk menjaga kebersihan, hal yang boleh dan tidak untuk dilakukan, dan sebagainya. Hal ini agar Bunda bisa menyusui dengan nyaman dan terhindar dari infeksi pada puting.

Banner Mbok De Blora

"Merawat payudara saat menyusui dapat membantu Anda tetap sehat dan mencegah masalah payudara yang dapat menyebabkan masalah menyusui. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang payudara Anda atau cara merawatnya, hubungi dokter Anda, konsultan laktasi, atau kelompok menyusui setempat untuk mendapatkan bantuan," kata Meredith Shur, MD,FACOG, dokter kandungan di New York dikutip dari laman Very Well Family.

Bunda bisa mulai merawat payudara dari kebersihan dasar. Bunda juga disarankan untuk memantau keseimbangan kelembaban kulit Bunda. Jangan terlalu kering karena dapat menyebabkan pecah-pecah, hindari pula terlalu basah karena dapat berkembang biak kuman. Selain itu perhatikan juga setiap perubahan yang terjadi, mungkin saja perlu perhatian khusus. Tahu lebih dini tentu akan lebih baik ya Bunda. 

Saat payudara terisi dengan ASI, mungkin Bunda akan mengalami pembengkakan payudara, nyeri saat ditekan, kesemutan, dan keluarnya ASI. Ini semua adalah pengalaman normal yang dapat dibantu dengan perawatan payudara yang rajin, yang juga akan meminimalkan jenis ketidaknyamanan lainnya serta membantu mencegah infeksi Bunda. Jadi rawat payudara dengan baik Bunda. 

Cara merawat payudara yang benar dapat Bunda simak di halaman selanjutnya ya!

Simak yuk cara merawat payudara dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

4 CARA MERAWAT PAYUDARA SELAMA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!