sign up SIGN UP search


menyusui

Ini Manfaat dan Efektivitas Vaksin Sinovac untuk Ibu Menyusui

Meita Fajriana Kamis, 22 Jul 2021 14:54 WIB
Mother with mask breastfeeding her little baby Ilustrasi ibu menyusui/Foto: Getty Images/isayildiz

Jakarta - Saat menyusui, Bunda memberikan nutrisi yang terbaik untuk bayi melalui air susu ibu (ASI). Jadi, apa pun yang Bunda konsumsi akan turut berpengaruh pada tubuh bayi. Termasuk ketika Bunda harus mengonsumsi obat atau mendapatkan vaksin. 

Untuk melindungi Bunda dan si Kecil dari virus COVID-19 yang kini sedang mewabah bukan saja di Tanah Air dan dunia, perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan vaksin COVID-19.  Namun apakah vaksin ini terbilang aman untuk ibu menyusui dan si Kecil? Lalu vaksin apa yang paling tepat dan efektif? Simak terus penjelasannya yuk Bunda.

Hingga kini, ada lima vaksin yang telah memperoleh izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sudah teruji keamanannya. Adapun lima vaksin tersebut yakni Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, dan Pfizer. Kelima vaksin COVID-19 ini dirancang dengan teknik yang berbeda sehingga menghasilkan efektivitas yang berbeda pula. 


Banner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 MBanner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 M/ Foto: Mia Kurnia Sari

Sinovac merupakan salah satu vaksin yang sudah tersebar luas di Indonesia. Vaksin ini sudah dinyatakan aman untuk diberikan kepada ibu menyusui. Vaksin Sinovac juga dinyatakan efektif untuk ibu menyusui layaknya perempuan dewasa lainnya. 

Seperti dilansir dari laman resmi World Health Organization (WHO), efektivitas vaksin diharapkan serupa pada wanita menyusui seperti pada orang dewasa lainnya. WHO merekomendasikan penggunaan vaksin COVID-19 Sinovac-CoronaVac pada wanita menyusui sama seperti pada orang dewasa lainnya. Selain itu, WHO pun tidak merekomendasikan penghentian menyusui setelah vaksinasi. 

Dosis vaksin Sinovac untuk ibu menyusui

WHO merekomendasikan penggunaan vaksin Sinovac-CoronaVac yaitu 2 dosis masing-masing 0,5 ml yang diberikan secara berjangka. Pemberian vaksin interval 2-4 minggu antara dosis pertama dan kedua. Disarankan, semua individu yang divaksinasi menerima dua dosis.

Jika dosis kedua diberikan kurang dari 2 minggu setelah dosis pertama, dosis tidak perlu diulang. Jika pemberian dosis kedua tertunda lebih dari 4 minggu, harus diberikan sedini mungkin.

Efektivitas vaksin Sinovac untuk ibu menyusui

Hingga kini, WHO tidak dapat membandingkan vaksin secara langsung karena perbedaan pendekatan yang diambil dalam merancang studi masing-masing. Tetapi secara keseluruhan, semua vaksin yang telah masuk daftar penggunaan darurat WHO dinilai sangat efektif dalam mencegah penyakit berbahaya dan rawat inap akibat COVID-19.

Untuk tahu keamanan vaksin Sinovac untuk busui, klik halaman selanjutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang apakah anak di bawah 12 tahun bisa mendapatkan vaksin:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT VAKSIN SINOVAC UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi