sign up SIGN UP search


menyusui

4 Makanan yang Bisa Menghambat Produksi ASI, Hindari ya Bun!

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 28 Aug 2021 17:31 WIB
Ibu menyusui makan caption

Jakarta - Selama menyusui, mengonsumsi aneka makanan memang sah-sah saja ya Bunda, demi meningkatkan produksi ASI. Namun, tahukah Bunda bahwa ada beberapa jenis makanan yang bisa menghambat suplai ASI? 

Secara alamiah, sebagai seorang ibu kita pasti ingin melakukan yang terbaik agar bayi senantiasa aman dan sehat. Salah satu upayanya dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya melalui ASI.

Meskipun tak ada makanan khusus yang diperlukan saat menyusui, ada baiknya Bunda tetap membuat menu harian yang lezat dan bernutrisi untuk mennjaga produksi ASI. Selain itu, Bunda juga menghindari beberapa jenis makanan yang disebut bisa menghambat produksi ASI. 


"Saat menyusui, Bunda mentransfer nutrisi melalui ASI ke bayi Bunda. Nutrisi penting itu akan membantu bayi Bunda bertumbuh dan sehat," ujar Tanya Tantry, MD, seorang ahli obstetri & ginekologi, seperti dikutip dari laman Flohealth.

Tantry menambahkan aktivitas menyusui memang dapat menguras tenaga sehingga Bunda mungkin perlu makan lebih banyak untuk menjaga tingkat energi. Seorang ibu rata-rata membutuhkan 2.000 hingga 2.500 kilokalori per hari. Dan, jumlah itu bertambah 500 kilokalori per hari jika sedang menyusui.

Memang, kebutuhan tubuh setiap Bunda berbeda satu sama lain. Sehingga, kalori tambahan yang dibutuhkan bisa sangat bervariasi antara satu Bunda dan lainnya. Banyak pula faktor yang memengaruhi kebutuhan kalori yang dibutuhkan selama menyusui, antara lain usia, tingkat aktivitas, indeks massa tubuh, dan frekuensi menyusui.

Misalnya, Bunda yang menyusui secara eksklusif perlu meningkatkan kalorinya lebih banyak daripada seseorang yang memilih kombinasi menyusui dan susu formula.

Saat melengkapi kebutuhan harian selama menyusui, sebisa mungkin Bunda memastikan kalori ekstra tersebut terpenuhi. Bunda bisa mendapatkannya dari makanan padat nutrisi seperti yogurt, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Jangan lupa, untuk senantiasa menghindari makanan penghambat ASI agar suplai ASI dapat maksimal.

Apa saja makanan yang bisa menghambat produksi ASI? Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang 5 tips pola makan Bunda menyusui di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



4 MAKANAN PENGHAMBAT ASI YANG WAJIB DIHINDARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!