menyusui

5 Tips Memperbanyak ASI untuk Ibu Menyusui yang Sedang Hamil

Yuni Ayu Amida Kamis, 16 Jan 2020 12:24 WIB
5 Tips Memperbanyak ASI untuk Ibu Menyusui yang Sedang Hamil 5 Tips Memperbanyak ASI untuk Ibu Menyusui yang Sedang Hamil /Foto: iStock
Jakarta - Kebanyakan wanita hamil yang sedang menyusui mengalami pasokan ASI yang berkurang. Padahal, si kecil yang usianya mungkin belum setahun masih membutuhkan ASI. Ketika dalam situasi ini, apa yang mesti Bunda lakukan ya?

"Suplai ASI sangat sering berkurang selama kehamilan," kata Konsultan Laktasi Bersertifikat International Board (IBCLC), Kristin Gourley, dilansir Romper.


Gourley menjelaskan, untuk beberapa wanita, pasokan ASI segera berkurang setelah hamil. Namun, pada beberapa lainnya, penurunan pasokan ASI mulai terasa sekitar minggu ke-12 atau setelah kehamilan trimester pertama berakhir. Namun, pada minggu ke-20, hampir seluruh wanita akan merasakan pengurangan pasokan.


"Ini karena hormon kehamilan mengalahkan hormon laktasi," jelas Gourley.

Selama kehamilan, tingkat progesteron dan estrogen tinggi, namun saat menyusui hormon ini rendah. Nah, ketika tubuh hamil, tubuh memilih untuk mengadopsi kadar hormon yang diperlukan untuk menciptakan kehidupan baru, dalam arti lebih fokus pada janin. Yang dampaknya mengorbankan persediaan ASI. Jadi, apa yang ibu hamil dan menyusui bisa lakukan?

"Tidak ada yang pasti dapat meningkatkan pasokan selama kehamilan, dan beberapa cara umum untuk meningkatkan pasokan, seperti mengonsumsi suplemen, tidak ideal selama kehamilan," tutur Gourley.

5 Tips Memperbanyak ASI untuk Ibu Menyusui yang Sedang Hamil5 Tips Memperbanyak ASI untuk Ibu Menyusui yang Sedang Hamil/ Foto: instagram


Satu-satunya hal yang bisa Bunda lakukan adalah tetap menyusui. Jika bayi masih terlalu kecil untuk makanan padat atau belum terlalu bisa mengonsumsi banyak makanan, Gourley menyarankan untuk melengkapi dengan susu formula atau donor ASI, jika dirasa benar-benar perlu.

Meski begitu, Bunda juga tidak perlu terlalu merasa stres. Berikut ini beberapa tips mudah yang mungkin bisa membantu meningkatkan produksi ASI saat hamil, dikutip dari Everyday Family.

1. Pastikan Bunda konsumsi vitamin prenatal yang direkomendasikan dokter.

2. Hindari alkohol dan kafein. Meskipun kadang merasa sulit untuk melepaskan kopi di pagi hari, namun Bunda harus pelan-pelan mencobanya.

3. Tetap terhidrasi. Ini mungkin hal paling sederhana, namun paling efektif yang dapat Bunda lakukan selama kehamilan.

4. Ganti sarapan dengan oatmeal. Beberapa ibu menyusui merasakan pasokan ASI meningkat dengan rutin mengonsumsi oatmeal. Atau coba makanan alami lain yang bisa meningkatkan produksi ASI, termasuk sayuran hijau.

5. Tetap rutin menyusui si kecil. Dengan melakukan pengosongan ASI, payudara akan kembali memproduksi ASI.


Simak juga 9 perlengkapan wajib untuk ibu menyusui dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi