sign up SIGN UP search


menyusui

3 Penyebab Munculnya Benjolan Kelenjar Susu, Bisa Diobati dengan Kubis Bun

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 07 Sep 2021 17:45 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Permasalahan seputar menyusui selalu saja muncul. Kenyataannya, enggak cuma seputar pasokan ASI yang tersendat ya, Bunda, tetapi juga urusan benjolan kelenjar susu yang bikin menyusui tak nyaman.

Masalah semacam ini bisa saja dialami Bunda yang baru menyusui pertama kalinya maupun yang sudah berpengalaman, permasalahan menyusui rasanya tidak pandang bulu ya, Bunda. Sejumlah masalah umum seringkali menghampiri para Bunda yang berjuang mengASIhi.

Meskipun sebagian besar masalah menyusui tidak terlalu membahayakan, tapi biasanya akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Sehingga membuat proses mengASIhi menjadi kurang menyenangkan. Nah, ini yang perlu Busui waspadai karena mood yang berantakan bisa menyebabkan pasokan ASI menurun lho.


"Menyusui harus menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Bunda dan bayi. Jika tidak, maka penting untuk mengidentifikasi masalah sejak dini dan membuat perubahan apa pun yang diperlukan," ujar Pat Sterner, konselor laktasi di Mount Sinai Medical Center di New York, seperti dikutip dari laman WebMD.

Sterner menambahkan beberapa masalah menyusui yang lebih umum memang sering menghantui para Busui. Termasuk di antaranya munculnya benjolan kelenjar susu.

Munculnya benjolan tersebut tentu saja menimbulkan ketidaknyamanan pada saat menyusui buah hati. Hal ini memang wajar terjadi selama menyusui, Bunda. Karena begitu susu mulai masuk ke saluran, ada juga aliran cairan getah bening dan darah di mana menyebabkan jaringan di payudara membengkak.

Jaringan yang bengkak tersebut kemudian menekan saluran susu ke bawah dan saluran terkadang bisa menutup. Ketika ASI tidak dapat dikeluarkan, ASI pun akan menumpuk di dalam payudara dan terjadi pembengkakan.

Solusi terbaiknya yakni meletakkan kompres dingin di payudara atau meletakkan lembaran kubis yang sudah dicuci bersih. Biarkan di kulit sekira 20 menit sampai Bunda merasakan jauh lebih nyaman dibanding sebelumnya. Cara sederhana ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan memungkinkan saluran ASI terbuka.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap!

Waspadai juga ya penyebab mastitis pada Bunda menyusui bisa terjadi berulang dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



3 PENYEBAB MUNCULNYA BENJOLAN KELENJAR SUSU, PERLU DIWASPADAI NIH, BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!