sign up SIGN UP search


menyusui

Mona Ratuliu Jadi Ibu Susu Keponakan, Ini Syarat Jadi Pendonor ASI Keluarga

Annisa Karnesyia Sabtu, 04 Sep 2021 21:21 WIB
Keponakan Mona Ratuliu caption
Jakarta -

Mona Ratuliu memutuskan untuk menjadi ibu susu dari keponakannya, Balint. Balint adalah anak dari kakak kandung Mona, Donny Bule.

Ibunda Balint, Eneng Ulan, meninggal dunia usai melahirkan putranya karena positif COVID-19 di awal Juli lalu. Sejak saat itu, Mona memutuskan untuk menjadi ibu susu Balint, Bunda.

Istri Indra Brasco ini memutuskan menjadi ibu susu karena dia memang masih menyusui anak keempatnya, Numa Kumala Srikandi. Ia merasa Balint membutuhkan ASI untuk tumbuh kembangnya, Bunda.


"Pas tau mamih balint udah nggak ada, hal pertama yg terlintas dipikiran adalah: terus balint disusuin siapa? Mungkin krn udh terbiasa nyusuin anak2 sampai 2 tahun jadi yg kepikiran langsung itu," tulis Mona, dikutip Instagram @monaratuliu, Jumat (3/9/21).

Banner tanaman hias pembawa hokiFoto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Mona mengungkapkan bahwa Balint sebenarnya membutuhkan donor ASI yang sesuai dan itu bukan darinya. Adik Kesha Ratuliu itu perlu mendapatkan ASI dari ibu yang anaknya sesusia Balint.

Dalam unggahan awal Agustus lalu, Mona mengatakan bahwa dia akan segera mencari donor ASI untuk keponakannya itu. Tapi, dia masih percaya bahwa menyusui langsung lebih memberikan manfaat luar biasa untuk Balint.

"Sebenarnya balint perlu donor asi dari ibu-ibu yang anaknya seusia Balint. Jadi mungkin akan segera mencari donor asi utk Balint. Tapi aku percaya banget kalau nyusuin langsung itu stimulasi paling hebat buat bayi seusia Balint. Kulit ketemu kulit, mata ketemu mata, hati ketemu hati, mana ada yg bisa menggantikan momen spt ini," ujarnya.

"Menyusui mmg nggak mudah, tapi pada akhirnya menyusui adalah momen terindah dalam hubungan ibu dan anak," sambungnya.

Dalam satu momen yang dibagikannya di Instagram, Mona tampak menyusui Balint bersamaan dengan Numa. Meski terlihat repot, Mona menjalani semuanya dengan bahagia.

"Ooooh gini rasanya nyusuin 2 anak sekaligus. Ternyata Numa nggak marah liat Balint disusuin bunda. Malah minta nyusu bareng. Cuma bundanya jd inget si empus yg suka nyusuin byk anaknya bareng2," tulisnya.

Kebutuhan donor ASI memang meningkat di masa pandemi. Hal ini terjadi karena banyak temuan kasus ibu meninggal karena COVID-19 setelah melahirkan hingga ibu dengan gejala berat yang tidak bisa menyusui.

Ketentuan donor ASI memang sebaiknya diberikan pada keluarga yang masih menyusui seperti Mona Ratuliu, Bunda. Simak ketentuan menjadi ibu susu atau mendapatkan donor ASI di halaman berikutnya.

Simak juga kisah lengkap Mona Ratuliu menjadi ibu susu dan mengasuh dua bayi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

DONOR ASI DALAM ISLAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!