sign up SIGN UP search


menyusui

6 Pilihan Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui, Bikin Kenyang juga Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 11 Aug 2022 07:11 WIB
ilustrasi ibu hamil makan caption
Jakarta -

Ibu menyusui perlu mendapatkan nutrisi seimbang guna menjaga kelancaran ASI ya, Bunda. Karena itu, makanan untuk ibu menyusui perlu diperhatikan betul setiap harinya.

Adapun makanan dengan nutrisi yang baik yang Bunda lahap selama masa menyusui akan membantu meningkatkan suplai ASI dan memberikan lebih banyak energi.

Dalam hal menyusui, bayi juga akan mendapatkan semua yang diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat dari ASI yang Bunda produksi. Karena itu, penting untuk memenuhi makanan untuk ibu menyusui yang bergizi seimbang.


"Menyusui memberikan nutrisi penting untuk bayi. Faktanya, ASI berubah dari waktu ke waktu untuk memasukkan nutrisi yang dibutuhkan bayi," ujar Sue Hudson, CNM, seorang bidan, seperti dikutip dari laman Cleveandclinic.

Untuk itu, memastikan makan makanan seimbang merupakan kuncinya ya, Bunda. Penting juga untuk dicatat bahwa jika Bunda menyusui, Bunda juga perlu mengonsumsi kalori ekstra.

Sebagian besar makanan mengandung antara 1.600 hingga 2.000 kalori, tetapi busui harus berusaha makan 350 hingga 500 ekstra kalori setiap harinya.

"Ini akan memberikan apa yang dibutuhkan bayi dan juga terus memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda,"sambung Hudson.

Selain itu, Hudson juga mengingatkan para busui agar memastikan dirinya tetap terhidrasi. Ingatlah bahwa bayi meminum ASI dari Bunda dan membuat Bunda menjadi haus. Jadi, pastikan kebutuhan cairan Bunda terpenuhi.

Makanan yang baik untuk ibu menyusui

Kemudian, jangan lupa memasukkan makanan untuk ibu menyusui seperti berikut ini, agar ASI terjaga gizinya ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Sanfordhealth:

1. Biji-bijian utuh

Beras merah, pasta gandum, dan oatmeal merupakan karbohidrat kompleks yang artinya membuat Bunda merasa kenyang lebih lama. Selain bergizi, makanan ini juga menyehatkan para busui.

2. Daging sapi

Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak zinc. Daging sapi merupakan protein berkualitas tinggi yang kaya akan zinc, zat besi, dan vitamin B. Ini akan membantu Bunda mempertahankan energi selama menyusui.

ilustrasi telurMakanan yang Baik untuk Ibu Menyusui/ Foto: iStock

3. Telur

Telur kaya akan protein, lutein, kolin, vitamin B12 dan D, riboflavin, dan folat. Telur merupakan camilan yang sehat dan praktis diolah. Sehingga, busui dapat menjadi telur sebagai asupan harian yang menyehatkan.

4. Sayuran berdaun hijau

Manfaat bayam untuk perut buncitManfaat bayam untuk ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Zakharova_Natalia

Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, E, dan K serta serat, antioksidan dan mineral termasuk kalsium. Selain itu, sayuran hijau juga sangat rendah kalori dan bisa dikonsumsi dengan mudah dan praktis setiap harinya.

Klik di halaman selanjutnya untuk info lebih lengkapnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 buah untuk lancarkan ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!