sign up SIGN UP search


menyusui

5 Makanan Pelancar ASI, Yuk Cari Tahu Apa Saja Bun

Meita Fajriana Selasa, 14 Sep 2021 18:10 WIB
Ilustrasi ibu dan bayi Ilustrasi makanan pelancar ASI/ Foto: Istock

Menyusui adalah momen berharga bagi semua Bunda. Bunda akan melakukan apa pun agar produksi Air Susu Ibu (ASI) lancar, termasuk dengan mengonsumsi makanan tertentu. Pernahkah Bunda mendengar bahwa makanan dapat menjadi salah satu booster ASI. Lantas apa saja makanan pelancar ASI tersebut? Yuk simak makanan pelancar ASI yang bisa Bunda konsumsi setiap hari. 

Melansir dari laman WhattoExpect, hal utama dalam menyusui yaitu pastikan posisi dan perlekatan Bunda baik, lakukan pompa ASI secara berkala, yang terpenting sering-seringlah menyusui bayi secara langsung dari payudara. Ketika Bunda sudah melakukan semua ini, namun masih khawatir produksi ASI Bunda tidak cukup untuk Si Kecil, Bunda bisa menambahnya dengan konsumsi makanan tertentu. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. 

"Mengonsumsi obat herbal untuk pelancar ASI bisa saja natural, namun tidak otomatis bebas efek samping. Lebih baik mengonsumsi makanan dengan kandungan galactogogues yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI yang diproses dalam tubuh Anda," kata Alicia C. Simpson Konsultan Laktasi bersertifikat Dewan Internasional dan ahli diet yang berbasis di Atlanta, Georgia dikutip dari laman TodaysParent, Senin (13/9/2021).


Jika Bunda penasaran yuk simak, berikut lima makanan pelancar ASI yang dilansir dari laman TodaysParent.

1. Oats

Baik berbentuk semangkuk oatmeal atau ditambahkan susu dan buah, hingga biskuit laktasi yang terbuat dari oat, Bunda dapat mengandalkan makanan ini untuk membantu menghasilkan lebih banyak ASI. Mengapa demikian? Faktanya biji-bijian utuh seperti gandum pada oats adalah sumber zat besi. Dengan mengonsumsi setengah cangkir oats mengandung hampir 2 mg zat besi, atau sekitar 20 persen dari kebutuhan ibu menyusui per harinya. 

2. Pepaya

Buah pepaya ini baik dikonsumsi ibu menyusui mulai dari langsung dimakan atau dimasak menjadi sup. Pepaya merupakan galactogogue dalam budaya masyarakat Asia selama berabad-abad, meskipun penelitian ini baru saja ditemukan bahwa pepaya merupakan salah satu makanan pelancar ASI. Bunda juga bisa mengkonsumsi pepaya dengan yoghurt atau memasukkan ke dalam salad atau mi.

3. Bawang Putih

Pada dasarnya, tidak banyak bukti yang mendukung gagasan bahwa Bunda dapat meningkatkan suplai ASI dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan tertentu mungkin bermanfaat, salah satunya bawang putih. 

Selain itu dengan menambahkan bawang putih pada masakan Bunda juga dapat menambah cita rasa yang lebih lezat. Tidak ada ruginya mencoba hal ini bagi Bunda yang sedang menyusui. Jika ASI Bunda membutuhkan sedikit bantuan, jangan ragu untuk mencoba menambahkan beberapa makanan yang bersifat galatogogues ini ke menu Bunda ya.

Klik halaman berikutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



HATI-HATI KONSUMSI FENUGREEK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!